Alicia Diahwahyuningtyas

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #promotionmix #penjualaan

Marketing Promotion Mix Dalam Menaikan Penjualan

2 tahun yang lalu - By Alicia Diahwahyuningtyas

Marketing Promotion Mix Dalam Menaikan Penjualan

Marketing Mix : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Manfaat & Kelebihan

Dunia bisnis semakin ketat dari tahun ke tahun. Para pembisnis harus selalu melakukan inovasi dan membuat kreatifitas dalam bisnisnya. Selain itu, penggunaan strategi pemasaran yang tepat akan memudahkan kamu untuk mendapatkan pelanggan. Lalu apa strategi pemasaran yang efektif? Salah satunya yaitu dengan melakukan promosi. Dalam promosi ada yang namanya bauran pemasaran atau biasanya marketing promotion mix. Di mana promosi adalah salah satu bagian dari 4P (Product, Price, dan Place)

Promosi sendiri adalah kegiatan pemasaran yang di lalukan untuk mempersuasif dengan cara memberikan informasi, membujuk, mengajak, mempengaruhi dan mendorong seseorang agar melakukan pembelian produk atau jasa.

Apa Itu Promotion Mix?

Promotion mix merupakan sebuah bentuk komunikasi pemasaran yang mana dalam mempromosikan produk harus menggunakan media sebagai penyampai pesan atau penyalur informasi. Bentuk komunikasi untuk promosi sangat bervariasi dan dapat di gabungkan atau di kombinasikan satu dengan yang lain. Penggabungan ini lah yang di sebut promotion mix.

Promotion mix memiliki bermacam jenis seperti : periklanan, personal selling, public relations, sales promotion, direct marketing dan lainnya. Pemanfaatan promotion mix ini merupakan strategi pemasaran agar pesan merk dapat tersampaikan kepada audience dapt tercapai dengan maksimal.

Baca juga Mencoba Marketplace Facebook sebagai Lahan Baru untuk Berjualan

Lalu Bagaimana Menaikan Penjualan Dengan Strategi Promotion Mix?

Untuk bisa menaikan penjualan bisnis, pastikan kamu telah menentukan strategi marketing apa yang cocok dan tepat untuk di terapkan dalam bisnismu. Di bawah ini ada beberapa macam bentuk promosi yang bisa kamu coba!

Advertising

Periklanan atau advertising merupakan bentuk promosi yang biasanya di gunakan untuk mengiklankan produk melalui koran, majalah, tv, maupun media sosial. Advertising adalah bentuk komunikasi yang sifatnya non personal dan bertujuan untuk memberikan informasi, membujuk dan mempengaruhi seseorang untuk membeli produk atau menggunakan sebuah jasa/layanan.

Personal Selling

Dalam menaikan omset penjualan, biasanya perusahan akan menggunakan strategi yang satu ini. Personal selling bisa di lakukan dengan cara tatap muka secara langsung dengan pelanggan dan menginformasikan kelebihan dan kegunaan produk. Keuntungan dalam melakukan personal selling adalah kita bisa mendapatkan respon secara langsung terkait kekurangan ataupun saran dari pelanggan.

PR (Public Relations)

Hubungan masyarakat atau PR adalah bentuk komunikasi yang tujuannya untuk membangun hubungan yang baik antara organisasi dan masyarakat. Public relations ini tidak dapat terpisahkan dengan peranan media eksternal seperti media massa. Public relations juga bertanggung jawab untuk membangun image dan citra perusahan, melakukan press release, merencanan event promosi serta pemasaran dan yang lainnya.

Sales promotion

Sales promotion adalah aktivitas yang di lakukan dengan cara memberi kesempatan kepada calon pembeli untuk dapat mencoba produk atau layanan terlebih dahulu. Nah, sales promotion ini banyak di temukan di mall dan tempat perbelanjaan lainnya.

Direct Marketing

Dalam berinteraksi dan mendapatkan respon langsung dari konsumen, maka perusahan biasanya melakukan pemasaran langsung (direct marketing) yang memanfaatkan media seperti, website, email, telepon dan lainnya. Secara umum, direct marketing menggunakan database pelanggan untuk berkomunikasi. Tujuan dari direct marketing adalah untuk memdapatkan feedback dari pelanggan.

Promotion mix sangat membantu pembisnis dalam mempromosikan brand mereka. Dengan teknik ini pesan merk dapat tersampaikan dan bisa mendapatkan feedback positif dari konsumen.

Jika kamu tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tantang dunia bisnis. kamu bisa mengikuti kursus di Campus Digital. Di sini kamu akan di bimbing oleh tutor profesional yang siap membantu kamu. Yuk daftar dan jadi bagian Campus Digital bersama kami.

Hubungi Kami