Syifa Dhia Arina

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #wabsite

Media Sosial sebagai Saluran Pemasaran Digital

2 tahun yang lalu - By Syifa Dhia Arina

Media Sosial sebagai Saluran Pemasaran Digital

Banyaknya pengguna internet di Indonesia, membuat startup lokal dan berbagai perusahaan di negeri ini berpotensi untuk menggunakan media sosial sebagai saluran pemasaran digital. Pengguna internet aktif dan media sosial di Indonesia meningkat dengan pesat setiap tahunnya. Hal ini dapat terjadi karena jaringan internet sudah menyebar luas di Indonesia dan semakin banyak masyarakat Indonesia yang melek teknologi. Lantas, media sosial apa saja yang biasa digunakan oleh startup lokal dan perusahaan besar di Indonesia sebagai saluran pemasarannya? Yuk, temukan jawabannya dengan membaca artikel ini!

Apa Itu Media Sosial?

Media sosial merupakan media berbasis online yang mendukung terjadinya proses komunikasi dan interaksi antar user dengan jarak yang jauh. Media sosial juga memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan informasi melalui aplikasi khusus dengan syarat memiliki akun dan terkoneksi dengan jaringan internet. Awalnya, media sosial tercipta untuk menghubungkan manusia satu dengan lainnya dalam cakupan wilayah yang luas. Namun, seiring dengan perkembangan waktu media sosial ternyata dapat digunakan sebagai saluran pemasaran digital oleh pebisnis di dunia.

Baca juga Merek dan Upaya Menjaga Eksistensi

 

Rekomendasi Platform Media Sosial untuk Digital Marketing

Pemasaran digital menggunakan media sosial seolah menjadi hal yang wajib bagi para pebisnis saat ini. Ada tiga platform media sosial yang paling populer untuk sarana pemasaran digital, yaitu:

1.     Youtube

Hasil survei memperlihatkan bahwa Indonesia memiliki banyak pengguna aktif platform yang satu ini. Banyak dari user aktifnya melihat konten keseharian seperti tutorial dan menghabiskan waktu lebih dari 10 jam untuk melihat berbagai konten di Youtube. Hal ini lah yang memotivasi pembisnis untuk memperkenalkan produk atau jasanya melalui iklan berbentuk cerita yang dapat target audiens nikmati dalam channel Youtube mereka.

2.     Facebook

Menjadi media sosial nomor satu yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Media sosial yang satu ini merupakan salah satu platform yang memiliki fungsi ganda tidak hanya sebagai penghubung masyarakat Indonesia dengan sanak saudara saja tetapi juga sebagai pasar sosial di mana meluncurnya pembeli yang ada dalam negeri. Facebook biasa membantu masyarakat dalam mencari informasi serta rekomendasi produk yang mereka inginkan.

3.     WhatsApp

Aplikasi pesan instan ini menyediakan fitur WhatsApp Business yang banyak menjadi pilihan pembisnis lokal untuk berkomunikasi dengan pelanggannya. WhatsApp Business dapat mengumumkan produk serta promosi baru, melakukan personalisasi berupa rekomendasi berdasarkan produk yang pelanggan lihat, dan mengirim pesan konfirmasi terkait produk yang pelanggan beli setelah mereka melakukan transaksi.

 

Jadi, kapan kamu mau mulai pemasaran digital menggunakan media sosial? Kalau bingung harus mulai dari mana, kamu bisa banget belajar mengenai pemasaran digital menggunakan berbagai platform media sosial dengan mengikuti kursus digital marketing. Yuk, daftar dan ikuti kursus online digital marketing di Campus Digital sekarang juga untuk perkembangan bisnismu yang lebih baik!

Hubungi Kami