Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Dosen

2 tahun yang lalu


Membangun Brand Itu Mudah

2 tahun yang lalu - By Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Dalam menjalankan sebuah bisnis, kita tentu menghasilkan produk ataupun jasa yang akan kita tawarkan kepada pelanggan kita. Produk ataupun jasa yang ditawarkan tentu tidak hanya semata-mata dijual setelah itu selesai. Kalau cuma sekedar menjual, semua orang tentu saja bisa melakukannya. Namun bisnis tidak hanya sekedar proses menjual dan membeli didalamnya ada proses yang panjang. Agar bisnis bisa bertahan lama dan berkembang tentu dibutuhkan brand yang kuat didalamnya.

Brand tidak sekedar merek dari bisnis kita, namun dia menjadi sebuah identitas yang menunjukan seperti apa sih bisnis yang kita jalani. Brand yang baik itu ketika melekat pada suatu produk ata malah diasosiasikan sebagai produk itu sendiri. Seperti orang akan membeli sebotol air mineral, ia akan menyebut brand Aqua, meskipun produk yang diberikan penjual itu merupakan merek yang lain. Inilah kekuatan daripada brand itu sendiri, namun untuk mencapai level tersebut mungkin butuh perjuangan yang tidak mudah. Minimal sekaran bagaimana ketika orang mau membeli sesuatu yang diingat adalah brand anda, dan ini ternyata gampang lho untuk bisa anda capai.

Baca juga Product Knowledge dan Manfaatnya untuk Bisnis

1. Logo Yang Menarik Dan Sesuai Identitas Bisnis Anda

Saat anda akan membuat logo, anda tidak bisa sembarangan dalam membuatnya. Karena logo tersebut akan menjadi identitas bisnis anda. Oleh karena itu buatlah logo yang menarik dan sesuai dengan identitas dari bisnis yang anda jalani. Menarik disini dalam artian mudah diinget oleh konsumen dan menjadi asosiasi produk yang nantinya anda tawarkan.

2. Buat Keunikan Dari Produk Anda

Produk atau jasa yang anda tawarkan tentu memiliki pesaing didalamnya. Anda tidak menjadi pemain tunggal dalam menjual produk sejenis tersebut. Untuk membedakan produk anda dengan produk yang lain, tentu mesti anda buat keunikan yang berbeda, yang menjadi sebuah ciri khas dari produk anda. Ciri khas suatu produk tentu masing-masing bidang berbeda yah, misal produk anda merupakan makanan ringan ciri khas yang ada dari produk anda misal memakai bahan rempah-rempah yang kuat dibandingkan kompetitor anda. Itu cuma contoh, tentu anda yang lebih memahami keunikan dari produk yang anda tawarkan.  

3. Berikan Nilai Tambah (Value)

Selanjutnya anda bisa memberikan nilai tambah dari produk anda. Entah dari khasiatnya, kualitas yang diberikan, harganya yang bersaing atau sesuatu yang merupakan nilai tambah dari produk anda.

4. Ambil Sudut Pandang Dari Konsumen

Produk yang dijual tentu muaranya adalah agar konsumen bisa membeli produk anda. Tidak ada salahnya anda melihat dari sudut pandang konsumen. Sehingga brand yang akan anda bangun sesuai dengan keinginan dan kebutuhan dari konsumen.

5. Promosi Media Sosial

Di era digital ini, peran media sosial menjadi vital dalam membangun sebuah brand. Anda bisa menggunakan semua platform media sosil sebagai upaya mebangun branding bisnis anda. Saran dari kami gunakan Instagram, facebook, dan youtube sebagai platform utama brand bisnis anda,karna ketiga ini terbanyak daripda yang lain dari sisi penggunanya.

Untuk informasi lainnya kunjungi Campus Digital

Hubungi Kami