Ersa Ely Megawati

Publisher

1 tahun yang lalu


Membuat Grup Facebook Untuk Jualan Online

1 tahun yang lalu - By Ersa Ely Megawati

Membuat Grup Facebook untuk Jualan Online - Sebelum mengulik lebih dalam mengenai cara membuat grup Facebook, ada baiknya bila kita kulik dahulu tentang kelebihannya. Bila telah masuk ke dalam grup, maka akan timbul interaksi antaranggota, dan juga pengelola.

Dari sini, telah terlihat apa yang dapat kita peroleh yaitu kesempatan untuk membangun komunitas. Komunitas yang solid sangat bagus untuk sebuah brand, apalagi bila semuanya suka dengan produk kita. Sebab itu, artikel ini akan bahas mengenai:

  • Manfaat grup Facebook untuk jualan online,
  • Cara membuat grup facebook untuk jualan online,
  • Tips membangun komunitas di grup FB.

Namun sebelum itu, Anda bisa baca juga artikel tentang Cara Jualan Online di Facebook Tanpa Modal

Manfaat Grup Facebook untuk Jualan Online

Tidak semata-mata untuk jualan online saja, namun lebih jauh dari itu. Grup Facebook dapat membangun rasa kepercayaan dan kepedulian brand kepada konsumen.

Setelah rasa percaya tersebut terbangun, jumlah penjualan bukanlah lagi sebuah persoalan. Karena sekali cinta dan percaya, mereka akan melakukan apa yang seharusnya dilakukan.

Kemudian, secara lebih detail, apa saja manfaatnya? Berikut penjelasannya.

1. Menunjukkan Kepedulian kepada Anggota

Sebuah brand akan dinilai peduli dengan para konsumen, bila mereka mampu menyediakan media sebagai wadah untuk bertanya, berdiskusi, dan menyampaikan timbal balik (feedback). Grup Facebook dapat menjadi media tersebut.

2. Mendapatkan Feedback yang Jujur

Setelah terbentuk wadah untuk berdiskusi, jangan heran bila akan muncul banyak pertanyaan dari para anggota. Bahkan dari mereka yang belum tau apa-apa, hingga mereka yang protes secara terang-terangan mengenai produk atau layanan kita. Dari diskusi-diskusi ini, sebisa mungkin brand mencatat hal apa yang masih kurang dan perlu perbaikan.

3. Membangun Komunitas yang Solid

Setelah terjalin interaksi bersama anggota, maka perlahan akan terbangun kepercayaan. Di situlah, akan terjalin hubungan yang solid. Baik antaranggota, ataupun anggota dengan admin (brand).

4. Dari Anggota, Jadi Promotor Utama

Berhubungan dengan poin nomor tiga, yakni dari kepercayaan yang terbangun dapat menjadikannya promosi gratis. Mereka yang telah menggunakan produk kita, akan dengan senang hati merekomendasikan kepada teman dan kerabatnya.

Langkah Praktis Membuat Grup Facebook untuk Jualan Online

1. Buka Facebook (Desktop)

Kami menyarankan untuk menggunakan versi Desktop (Laptop/PC). Sebab akan jauh lebih mudah dan simpel, bila membandingkannya dengan membuat menggunakan aplikasi mobile – meskipun langkahnya sama-sama saja.

2. Tekan (+ Buat Grup Baru)

Setelah masuk ke Beranda Facebook, perhatikan menu pada sisi kiri. Di situ terdapat beberapa menu, seperti: Beranda, Teman, Halaman, Grup, Marketplace. Pada menu tersebut, pilih opsi Grup untuk masuk ke halaman pembuatan grup.

3. Tambahkan Nama Grup

Langkah berikutnya yaitu menambahkan nama. Ketik nama grup yang kamu inginkan pada kolom yang tersedia.

4. Pilih Opsi Privasi Grup

Setelah menentukan nama, langkah selanjutnya yaitu menentukan privasi grup. Terdapat 2 opsi yang Facebook berikan yaitu Publik dan Privat.

Grup publik adalah siapa saja dapat melihat anggota grup tersebut dan apa saja yang diposting. Grup yang privat adalah hanya anggota yang dapat melihat siapa saja anggota grup dan apa yang diposting.

5. Undang Teman ke Grup

Selanjutnya adalah mengundang teman-teman kamu di Facebook untuk bergabung ke grup yang kamu buat. Langkah ini pilihan, dapat kamu lewati.

Namun kami menyarankan untuk lakukan saja. Apalagi, bila teman-teman kamu memang target audiens dari grup yang kamu buat. Jadi, boleh-boleh saja untuk mengundang mereka ke dalam grup.

6. Tekan Buat

Setelah semuanya siap, kamu bisa langsung tekan tombol Buat untuk menerbitkan grup. Selamat, kamu telah berhasil membuat grup Facebook yang dapat kamu gunakan untuk jualan online, nantinya.

Sangat mudah dan praktis ya, cara membuatnya. Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk jualan secara online. Yuk belajar jualan online lebih dalam di Campus Digital

Hubungi Kami