Alicia Diahwahyuningtyas

Kontributor

2 tahun yang lalu


#landing page # website

Membuat Landing Page Untuk Website Bisnis

2 tahun yang lalu - By Alicia Diahwahyuningtyas

Apa itu Landing Page?

Landing page adalah halaman dalam web statis yang fungsinya untuk memfokuskan pada pendapatan leads melalui aksi tertentu. Aksi tersebut bisa berupa satu teks yang berhubungan dengan situs utama milikmu atau terintegrasi sebagai bagian dari website. Fokus utama dalam teks agar dapat bervariasi tergantung pada jenis bisnis yang di jalankan. Yang paling umum adalah landing teks yang fungsinya sebagai pengarah pengunjung agar dapat mendaftarkan akun agar mendapatkan uji coba gratis atau trial, newsletter mingguan atau menambahkan produk ke keranjang.

Mengapa bisnis membutuhkan landing page?

Homepage website bisa saja berantakan karena penuh dengan menu link postingan sidebar dan lain-lain. Oleh karena itu memiliki landing page sangat menguntungkan untuk bisnis kamu karena dapat memfokuskan tindakan tertentu agar dapat meningkatkan conversion rate.

landing page bisa meningkatkan tingkat respon pengunjung website karena kamu menunjukkan apa yang harus dilakukan oleh pengunjung. Situs rata-rata conversion rate yang di hasilkan sebesar 2,35% dengan 10% teratas perusahaan memiliki tiga hingga lima kali lebih tinggi daripada itu. Usaha kamu dalam membuat pemasaran pengiklanan serta sosial media akan membawa dampak yang positif. Jika kamu bisa menempatkan strategi-strategi tersebut pada landing page secara efektif dan efisien dalam bisnismu.

Lalu bagaimana cara membuat landing page agar menghasilkan conversion rate tinggi? Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan!

Tentukan Action Yang Paling Efektif dan Efisien

Untuk dapat di letakkan pada landing page dan pastikan agar campaign tersebut sesuai dengan bisnis milikmu. Namun sebelumnya kamu perlu untuk memecah ke dalam target yang lebih kecil terlebih dahulu. Kamu bisa membuat pengunjung agar mendapat mendaftarkan diri untuk membuat akun agar mencoba uji coba gratis atau trial selama seminggu atau 30 hari mendapatkan ebook, newslatter, atau voucher diskon

Contoh pada Spotify yang akan mengarahkan kamu untuk mendaftarkan akun dan menggunakan versi gratis dari fitur spotify. Namun kamu akan mendengarkan beberapa iklan lagu. Jika kamu tidak ingin mendengarkan lagu tanpa gangguan iklan, kamu bisa membeli paket premium spotify dengan cara mengklik banner pada iklan tersebut.

Untuk itu analisis dan riset target beserta perilakunya sangat di butuhkan untuk membuat landing page yang efektif. Tentukan average user nya dan buat seolah-olah kamu adalah mereka yang ingin mendengarkan dan mengkonsumsi sebuah produk. Dengan begitu. maka kamu akan mengetahui apa yang di butuhkan oleh konsumen. Kamu harus berfokus pada optimasi yang dapat menghasilkan conversion rate yang ingin dicapai sesuai dengan tujuan dari bisnis milikmu.

Membuat Value Proposition Yang Jelas

Setelah itu kamu perlu mencantumkan keuntungan dari extension yang kamu targetkan tadi dengan jelas dan rinci. Jangan menuliskan hal-hal yang bersifat umum seperti solusi terbaik untukmu atau temukan kebahagiaan di sini. Kamu harus menuliskan secara singkat padat powerful serta spesifik mungkin. Dengan begitu, pesan yang disampaikan akan jelas di dengarkan oleh konsumen. Jika perlu, tambahkan juga tagline sederhana selama mendukung value proposition utama milikmu.

Buat call-to-action yang menarik pada setiap landing page.

Landing page harus memiliki call to action yang jelas dan mudah di pahami konsumen. Call to action adalah elemen utama yang dapat menuntun pengunjung untuk melakukan langkah selanjutnya atau required action. Dapat berupa formulir atau tombol dan buatlah tampilan semenarik mungkin dan mudah untuk di klik oleh audience. Gunakan warna perpaduan yang warna yang cerah dan kontras.

Jika kamu tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, kamu bisa mengikuti kursus

di Campus Digital.

Hubungi Kami