krisna suzana

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #tiktokshop

Membuka Usaha Melalui TikTok Shop, Dijamin Laris

2 tahun yang lalu - By krisna suzana

Di tahun 2021 ini, aplikasi TikTok sudah merambah luas hampir ke seluruh negara di dunia. Pasti semua orang mengetahui aplikasi TikTok yang merupakan sebuah aplikasi dengan fokus terhadap konten video durasi pendek tentunya menghibur kita. Saat ini, Indonesia menjadi salah satu negara sasaran utama perkembangan aplikasi TikTok. Banyak beberapa masalah dengan aplikasi TikTok yang sebelumnya hendak di blokir, namun hal tersebut tidak terjadi dan sekarang TikTok semakin berkembang. Selain kontent video, TikTok menambah fitur baru-baru ini yaitu TikTok Shop.

Membuka usaha di TikTok Shop

TikTok Shop muncul dari bulan April 2021 lalu dengan layanan inovatif agar dapat melakukan transaksi jual beli seperti e-commerce lainnya, sehingga dengan mudah kita bisa menjual dan membeli sebuah produk bahkan bisa mempromosikan barang dengan kerja sama bareng kreator TikTok. Hal unik lainnya kita bisa menjual produk kita secara online dengan menggunakan fitur live shopping serta bekerja sama atau kolaborasi dengan TikTok kreator sehingga pemasaran produk akan semakin luas.

Manfaat lain apabila kita membuka usaha melalui TikTok Shop yaitu:

1. Jumlah pengguna atau user aktif yang banyak sekitar 800 juta akun.

Dengan jumlah akun aktif yang banyak tersebut membuat aplikasi TikTok menjadi platform yang besar dan berpeluang sebagai media untuk melakukan promosi produk.

2. Fitur yang tersedia mudah untuk digunakan.

Tak perlu khawatir jika anda tidak bisa mengedit video, karena di aplikasi TikTok terdapat fitur mengedit video (ringan) seperti menambahkan teks, lagu, efek, dsb.

3. Aplikasi yang terkenal dikalangan anak muda.

TikTok sekarang ini menjadi aplikasi populer di kalangan remaja karena sebagian besar akun aktif TikTok ini adalah kalangan remaja

4. Fitur #hashtag.

Menambahkan hashtag merupakan strategi bagus dalam mempromosikan produk misalnya #fyp yang kerap kali membuat konten kita dapat muncul di halaman orang lain, dan jika berhasil maka akan banyak orang yang menyukai, mengomentari bahkan membagikan konten kita secara luas.

Dengan manfaat tersebut, tidak ada alasan lagi kita untuk bingung membuka usaha secara online.

Baca juga: Skill Digital Marketing Suatu Keharusan Di Era Digital

Setelah mengetahui manfaatnya tentu kita memulai membuka usaha. Bagaimana caranya? sangat mudah sekali, cukup mengikuti cara-cara berikut

1. Mendaftar sebagai TikTok Shop Seller

Pertama-tama, wajib mendaftar akun atau user sebagai TikTok Shop Seller seperti halnya e-commerce lainnya. Pendaftaran ini sangat mudah cukup melalui aplikasi TikTok dan mengisi semua formulir yang telah tersedia.

2. Menaruh Info Bisnis

Informasi bisnis seperti nama lapak, alamat lengkap, jenis bisnis, info dan detail produk, dsb. Ini penting sekali agar dapat menarik perhatian orang untuk membeli produk kita dan bisa menaruh informasi selengkap mungkin.

3. Registrasi Bisnis Melalui Form

Ini adalah tahapan akhir sebelum melakukan usaha di TikTok Shop dengan cara mengisi formulir dengan informasi registrasi bisnis. Setelah itu menunggu verifikasi resmi , jika sudah terdapat notifikasi konfirmasi verifikasi maka sudah terdaftar di TikTok Shop dan sudah bisa memulai bisnis di TikTok Shop.

Demikian cara membuka usaha melalui TikTok Shop, sangat mudah sekali melakukannya. Untuk selanjutnya mengenai dunia digital marketing, dapat mengunjungi Campus Digital

Hubungi Kami