Ersa Ely Megawati

Publisher

1 tahun yang lalu


Memilih Kategori Bisnis di Google Bisnis

1 tahun yang lalu - By Ersa Ely Megawati

Google Bisnisku merupakan layanan milik Google yang di tujukan bagi para pemilik bisnis agar mudah di temukan di Internet. Ketika Anda memasukkan data diri bisnis Anda di Google Bisnis ku, Anda akan di minta memilih jenis kategori bisnis. Anda perlu memasukkan kategori bisnis yang tepat, sebab akan berhubungan erat dengan pencarian orang. Orang akan mencari usaha Anda berdasarkan jenis kategori bisnis.

Layanan Google Bisnisku telah ada sejak tahun 2014, namun baru beberapa tahun belakangan mulai banyak orang yang mengoptimasi bisnisnya dengan layanan Google Bisnisku.

Google bisnisku mempunyai banyak manfaat, selain menampilkan informasi bisnis Anda dapat berinteraksi dengan konsumen melalui review dan tanya jawab.

Sejak awal Anda mengoptimasi, Anda harus tahu jenis bisnisnya masuk ke kategori bisnis yang mana. Setelah itu, baru Anda dapat memilih kategori bisnis di Google Bisnis ku. Bagaimana cara memilih kategori bisnis di Google My Business? Yuk simak artikel berikut ini

Sebelumnya, Anda perlu baca juga artikel cara membuat google bisnis untuk mendaftarkan bisnis Anda.

Cara Memilih Kategori Bisnis di Google Bisnis ku

Kategori ini akan mendeskripsikan bisnis Anda. Hal ini akan menghubungkan Anda dengan pelanggan yang mencari produk atau layanan Anda.

Contohnya, bila kategori utama Anda yaitu Restoran pizza, Google mampu memunculkan bisnis Anda pada hasil pencarian lokal seseorang saat mereka mencari RestoranRestoran Italia, atau Pizza.

Kategori Anda merupakan salah satu dari banyak faktor yang memengaruhi peringkat lokal pada Google. Berdasarkan jenis bisnis yang di jalankan, kategori tersebut juga bisa di manfaatkan untuk memberikan label tempat pada bisnis Anda.

Memilih Kategori Bisnis

Pilih kategori utama yang mendeskripsikan bisnis Anda secara keseluruhan, dan pilih kategori yang spesifik. Pada saat Anda mulai memasukkan kategori, pilih kategori dari dropdown yang tampil.

  • Contohnya, pilih Salon kuku, bukan "Salon".

Bila kategori yang menggambarkan bisnis Anda tidak tersedia, pilih kategori lebih umum yang masih mendeskripsikan bisnis Anda secara akurat. Anda tidak dapat membuat kategori sendiri.

Untuk memberi informasi kepada pelanggan lebih lanjut tentang departemen atau layanan khusus, pilih kategori tambahan. Tetapi, jangan Anda tambahkan kategori untuk setiap produk atau layanan.

Bila bisnis Anda menyertakan departemen publik yang independen dari bisnis Anda, departemen tersebut harus mempunyai profil bisnis sendiri. Jangan tambahkan kategori departemen ke profil utama.

  • Contohnya, bila bisnis Anda merupakan tempat Barbershop yang memiliki Kafe berdiri sendiri. Jangan tambahkan kategori Kafe. Sebaliknya, admin kafe bisa membuat profil bisnis sendiri dengan Kafe sebagai kategori utama.

Note: Bila Anda menambahkan atau mengedit salah satu dari kategori yang ada, Anda mungkin akan di minta untuk memverifikasi bisnis kembali. Verifikasi ini akan membantu Google mengonfirmasi bahwa informasi profil bisnis Anda akurat. Optimasi bisnis Anda di Google dengan Google My Business

Hubungi Kami