Randy

Kontributor

2 tahun yang lalu


#wabsite #tips&trik #marketplace

Mempelajari Digital Marketing Untuk Pemula

2 tahun yang lalu - By Randy

Di era digital seperti sekarang ini, banyak perusahaan yang saling bersaing satu sama lain dalam bidang digital marketing. Tentunya setiap perusahaan atau brand memiliki strategi pemasaran digital marketing yang berbeda-beda. Oleh karena itu, perlu untuk mempelajari mengenai digital marketing lebih mendalam agar sesuai dengan tujuan dan target.

Strategi Pemasaran Digital Marketing

[caption id="attachment_2708" align="alignnone" width="563"] Pemahaman dasar mengenai digital marketing bagi pemula[/caption]

Apa itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah upaya pemasaran digital yang dilakukan sebuah perusahaan melalui internet yang bertujuan untuk memasarkan produk. Dengan adanya perkembangan teknologi digital membuat manusia memanfaatkan teknologi sebagai peluang bisnis untuk keuntungan usaha, salah satunya digital marketing. Digital marketing merupakan sebuah teknik promosi dengan menggunakan media digital seperti, internet, televisi, dan radio.

Jenis Digital Marketing 

Pada bidang digital marketing terdapat beberapa kategori. Berikut adalah masing-masing kategorinya beserta penjelasannya!

1. Website 

Dengan kemajuan teknologi, maka tak heran jika sebuah website merupakan kebutuhan primer bagi sebuah perusahaan.Website sangat berfungsi untuk memperlihatkan suatu perusahaan, mengetahui informasi mengenai bisnis anda, dan bisa sebagai bentuk promosi yang mudah dan hemat biaya.

2. Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing (SEM) merupakan upaya untuk melakukan pencarian mesin pada halaman pertama. SEM ini terbagi atas 2 yaitu Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM). SEO ini bertujuan untuk menduduki posisi teratas pada pencarian. Namun, pada SEM sendiri tidak terbatas dan lebih cepat tetapi secara berbayar.

3. Sosial Media Marketing (SMM)

Penggunaan media sosial untuk meningkatkan branding dan penjualan online sudah menjadi tuntutan dalam pemasaran. sebab, mayoritas masyarakat terutama generasi milenial adalah pengguna aktif media sosial. Selain itu juga kondisi saat ini akibat pandemi COVID-19 yang mengharuskan tetap dirumah dalam hal pemenuhan kebutuhan informasi di bidang sosial, ekonomi, politik, budaya, dan lainnya. Hal ini meningkatkan brand perusahaan pada marketing di sosial media.

4. Email Marketing 

Email marketing adalah pemasaran digital untuk menyediakan informasi mengenai produkmu dan juga tersedia informasi terbaru tentang promosi yang sedang berlangsung maupun produk terbaru.

Baca juga mengenai Email Marketing Sebagai Sarana untuk Mengembangkan Bisnis

5. Video Marketing 

Konten yang berupa video yang semakin meningkat dengan adanya media sosial seperti TikTok, Twitter, Facebook, dan Instagram untuk meningkatkan efektivitas video marketing. Tergantung pada tujuan serta target sasaran, jenis konten yang digunakan untuk video marketing akan bervariasi.

Nah itu dia beberapa hal penjelasan mengenai digital marketing. Bagi seorang pemula untuk memulai pemasaran menggunakan media digital, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan yaitu memilih alat yang digunakan sebagai platform tempat pemasaran. selanjutnya, membuat konten yang menarik sesuai dengan target pasar. lalu kita mengunggah dan melihat evaluasi dari feedback untuk kedepannya lebih baik lagi.

Untuk bisa belajar lebih mendalam lagi mengenai digital marketing. Yuk pelajari lebih lanjut dengan mengunjungi website Campus Digital tentunya akan sangat bermanfaat untuk kamu!

 

Hubungi Kami