Sari Wardhatul Jannah

Kontributor

2 tahun yang lalu


#takberkategori #kelasonline

Mempersonalisasi Pembelajaran Kelas Online

2 tahun yang lalu - By Sari Wardhatul Jannah

Mempersonalisasi Pembelajaran Kelas Online

Mempersonalisasi pembelajaran kelas online tidak hanya sekedar mengupload konten pembelajaran pada sistem. Akan tetapi harus menemukan cara, menyiapkan dan mengoptimalkan proses pembelajaran melalui pembelajaran jarak jauh. Dengan kata lain para pengajar harus mampu memberikan pembelajaran seperti pembelajaran tradisional.

Mempersonalisasi pembelajaran kelas online memungkinkan pengajar untuk mengoptimalkan pembelajaran dengan menggunakan perkembangan digital sesuai dengan kebutuhan pelajar.

Berikut ulasan mempersonalisasi pembelajaran kelas online :

1. Meningkatkan Keinginan Belajar

Salah satu personaliasi kelas online yaitu mengizinkan pelajar mengatur kecepatan belajar mereka sendiri. Hal ini menjadi sangat penting mengingat kemampuan setiap pelajar berbeda-beda dalam menerima pelajaran. Selain itu hal ini juga memberikan fleksibilitas pelajar dalam penjadwalan belajar. Oleh karena itu dengan memberikan fleksibilitas ini akan meningkatkan keinginan belajar karena dapat menilai dan memacu diri sendri. Selain itu hal ini juga akan memberikan rasa kebebasan pelajar tandpa merasa ada hambatan dalam proses belajar.

 2. Komunikasi

Komunikasi antara pengajar dan pelajar merupakan personaliasi pembelajaran yang cukup penting. Dengan adanya komunikasi akan memudahkan pengajar memilih pendekatan yang tepat dalam mengajar. Misalnya dengan mengadakan sesi diskusi dan evaluasi kemajuan proses pebalajar setiap minggunya. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan meeting room, video atau platform lainnya yang mendukung.

3. Fleksibel

Fleksibel suatu sistem digunakan untuk memanfaatkan mengubah konten sesuai dengan kebutuhan pelajar. Selain itu juga memberikan kesempatan untuk pelajar menggunakan konten sesuai dengan kebutuhan belajar pelajar. Misalnya pelajar mengerjakan materi Kalkulus II dan membutuhkan referensi dari materi kalkulus I, dengan konten yang fleksibel memungkinkan pengajar menyatukan kedua materi untuk memudahkan pelajar.

4. Menggunakan LMS

Menggunakan Learning Management System dalam pembelajaran menjadi kunci utama. Learning Management System mampu mempersonalisasi pembelajaran kelas online. Fitur-fitur pada LMS mampu mendukung seluruh kebutuhan seperti mengelola konten, membuat ujian kemampuan , forum kelas bahkan penilaian kegiatan belajar.

Pembelajaran yang dipersonalisasi dengan teknologi digital memberikan pengalaman belajar yang berbeda dengan metode tradisional. Dan juga dengan metode ini menjadi konsep belajar berpusat pada pelajar sehingga menjadikan siswa lebih aktif dalam kegiatan belajar.

Kunjungi dan daftar ke Campusdigital

Hubungi Kami