Salwa Nida

Kontributor

2 tahun yang lalu


#marketplace #trik & tips #wabsite

Memulai Bisnis Online di Facebook : Tips dan Trik

2 tahun yang lalu - By Salwa Nida

[caption id="" align="aligncenter" width="468"]Melakukan bisnis online di Facebook secara benar dan tepat Melakukan bisnis online di Facebook secara benar dan tepat[/caption]

Memulai bisnis online di Facebook adalah langkah baru yang ingin Anda ambil saat ini. Sebagai orang yang ingin memulai mengembangkan sebuah usaha, pastinya Anda ingin segera sukses. Tapi kesuksesan dalam dunia bisnis adalah hal yang tidak bisa ada secara instan. Untuk mencapai kesuksesan ini, Anda sebaiknya memulai bisnis online Anda dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat. Lalu Apa saja Tips dan Trik : Memulai Bisnis Online di Facebook

1. Memilih Tipe Bisnis Yang Tepat

Karena berencana menggunakan Facebook untuk memasarkan bisnis, maka Anda perlu menyiapkan Halaman Facebook. Halaman ini berbeda dengan profil pada Facebook biasa, karena terbuka untuk umum dan siapa saja bisa menjadi penggemar. 

Memilih "kategori" merupakan langkah pertama yang bisa Anda ambil. Cara terbaik untuk memilih adalah dengan memilih bidang "kategori" dan mulai mengetik untuk menggambarkan organisasi Anda. Anda dapat mengatakan hal-hal seperti organisasi Anda berupa restoran. Facebook memberikan kenyamanan untuk Anda memilih hingga tiga kategori. Pastikan memilih kategori yang paling tepat dan menggambarkan bisnis Anda. 

[caption id="" align="aligncenter" width="410"]Jendela yang muncul dalam pembuatan halaman Facebook Jendela yang muncul dalam pembuatan halaman Facebook[/caption]

2. Memilih Foto dan Sampul Halaman yang Tepat

Salah satu alasan Facebook adalah alat pemasaran yang hebat untuk bisnis kecil adalah karena memungkinkan pemiliknya menceritakan kisah mereka secara visual. Saat menyiapkan Halaman Anda, ada dua elemen kunci yaitu foto profil dan foto sampul Anda. Hal ini berfungsi untuk membantu Anda menceritakan gambaran dari bisnis Anda.

3. Memberi tahu Orang Lain Mengenai Bisnis Anda

Kebanyakan orang yang menemukan Halaman Anda dan ingin mempelajari lebih lanjut tentang bisnis Anda harus menemukan semua yang perlu mereka ketahui di bagian "Tentang" Anda. Bagian "Tentang" ini mencakup Tinjauan, Deskripsi, dan Misi Perusahaan. Bagian ini merupakan kesempatan Anda untuk memperkenalkan bisnis Anda kepada calon penggemar dan memberi mereka gambaran tentang siapa Anda sebenarnya, apa yang Anda lakukan, dan mengapa mereka harus menyukai halaman bisnis Anda.

Anda harus ingat bahwa sebagian besar orang yang akan menghabiskan waktu membaca bagian “Tentang” Anda adalah orang-orang yang baru mengenal bisnis Anda, bukan pelanggan saat ini. Untuk memastikan tampilang dari bagian "Tentang" Anda ketika berbicara kepada audiens tersebut adalah dengan meminta teman atau anggota keluarga yang tidak terlibat langsung dengan bisnis Anda membaca konten Anda, dan membagikan umpan balik mereka.

[caption id="" align="aligncenter" width="400"]Tampilan dari Halaman Tentang Bisnis Anda Tampilan dari Halaman Tentang Bisnis Anda[/caption]

4. Manfaatkan Kebebasan Memberikan Informasi

Salah satu manfaat terbesar Facebook untuk bisnis kecil yang berbeda dengan rekan-rekan sosialnya adalah jumlah informasi yang memungkinkan bisnis tersebut berbagi dengan penggemar mereka. Pada bagian "Tentang" ini Anda tidak hanya dapat membuat bio yang menarik untuk memberi tahu penggemar siapa Anda dan apa yang Anda lakukan, Anda juga dapat membagikan detail spesifik tentang pengoperasian bisnis Anda.

"Info Dasar" adalah bagian yang berisi formulir yang dapat diisi dan dibagikan oleh bisnis kecil dan organisasi. Bagian yang bisa di isi ini seperti: jam operasional, metode pembayaran yang diterima, dan ketersediaan tempat parkir di sekitar tempat bisnis Anda. Facebook sendiri memungkinkan Anda untuk mengakses bidang khusus yang terkait dengan industri, jenis bisnis, atau layanan yang Anda sediakan. (Misalnya, sebuah restoran dapat berbicara tentang jenis masakan yang menjadi spesialisasi mereka atau sebuah band dapat membagikan label rekaman tempat mereka menandatangani kontrak.)

[caption id="" align="aligncenter" width="418"]Tampilan informasi yang dapat dibagikan ke penggemar halaman Tampilan informasi yang dapat dibagikan ke penggemar halaman[/caption]

5. Ceritakan Kisah dan Pencapaian Bisnis Anda

Pada Facebook ini Anda tidak hanya memungkinkan untuk berbagi detail dan informasi relevan tentang bisnis Anda. Tetapi juga memungkinkan Anda menceritakan kisah bisnis Anda dan pencapaian yang menentukannya. Beberapa dari pencapaian ini akan segera ditandai pada Timeline Anda setelah Anda mengisi bagian "Tentang" dan "Info Dasar" (Anda akan melihat tanggal Anda bergabung dengan Facebook dan tanggal Anda memulai bisnis Anda).

Namun menambahkan pencapaian lain, seperti pengenalan produk baru, pembukaan lokasi toko yang berbeda, atau tanggal Anda pertama kali mengadakan acara tahunan adalah cara yang bagus untuk menyampaikan informasi penting kepada semua orang yang akan segera menemukan Halaman Anda. Anda juga bisa menambahkan gambar ke bagian kisah sebagai cara untuk mulai membangun Timeline Anda.

6. Posting Pembaruan Pertama yang Menarik Minat Penggemar untuk Berbagi

Percaya atau tidak, pada titik ini Anda siap untuk membagikan pembaruan pertama Anda: pengantar Anda ke ranah Facebook. Karena Anda belum mempromosikan Halaman Anda, kecil kemungkinan Anda akan memiliki banyak audiens. Namun, jika ada penting bagi Anda untuk mulai membagikan pembaruan sebelum mulai mengarahkan orang ke Halaman Anda.

Saya sarankan untuk membuat posting pertama Anda dengan kombinasi teks dan media visual seperti foto atau video. Di bagian ini Anda tidak hanya memperkenalkan bisnis Anda kepada audiens baru Anda, tetapi juga untuk memberikan sesuatu yang membuat penggemar ingin terlibat dan memberi tahu teman-teman mereka. Jadilah kreatif, bisa dengan menampilkan gambar saat karyawan Anda melakukan sesuatu. Atau merekam video singkat yang memperkenalkan diri Anda kepada penggemar Facebook Anda. Setiap komentar, “suka”, dan bagikan yang Anda terima adalah kesempatan lain untuk menjangkau pemirsa baru dan meningkatkan promosi dari mulut ke mulut sosial merek Anda.

7. Amati Bisnis Lain yang Serupa

Saat ingin memulai bisnis di Facebook, sering kali Anda melihat bisnis lain yang memiliki hasil besar dalam membangun basis penggemar mereka. Apalagi kalau mereka sangat pandai terlibat dengan penggemar mereka. Tetapi semua bisnis dan organisasi, tidak peduli apakah mereka memiliki lima puluh atau lima puluh ribu, harus dimulai dari suatu tempat. Dan mereka sebelumnya juga sama seperti Anda sekarang.

Gunakan pengalaman mereka sebagai sumber daya untuk menciptakan kesuksesan Anda sendiri. Temukan bisnis di industri Anda yang telah melakukan pekerjaan dengan baik dalam membangun komunitas dan perhatikan jenis konten apa yang mendapatkan keterlibatan paling banyak dari penggemar mereka. Terhubung dengan Halaman lokal lainnya dan mulai membangun jaringan dukungan sosial yang berharga dalam komunitas Anda juga hal yang bisa Anda lakukan setelahnya.

Setelah mengikuti semua langkah-langkah diatas. Saya yakin Anda bisa memulai bisnis online di Facebook. Dan Saya yakin bisnis Anda akan segera berkembang dan mencapai hasil yang sesuai dengan impian Anda.

 bisa lihat juga di website Campusdigital

Hubungi Kami