Syifa Dhia Arina

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #wabsite

Mengenal Berbagai Marketplace di Indonesia

2 tahun yang lalu - By Syifa Dhia Arina

 

Mengenal Berbagai Marketplace di Indonesia

Kemajuan teknologi membuat adanya perubahan dalam aktivitas jual beli, munculnya berbagai marketplace mempermudah proses jual-beli. Konsumen dapat melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja asalkan terkoneksi dengan jaringan internet. Hanya dengan memasukkan keyword barang yang kita butuhkan pada platform atau website marketplace, pada saat yang bersamaan juga kita dapat melihat, memilih, dan memutuskan barang apa yang harus dibeli. Proses transaksi jual-beli menjadi semakin efisien dari pada sebelumnya. Banyaknya marketplace yang tersebar membuat kita harus bisa memilih mana yang paling sesuai dengan keinginan. Artikel ini akan menampilkan dan membantu kamu dalam mengenal berbagai website atau aplikasi marketplace terbaik di Indonesia. Yuk, simak dulu biar kamu tidak bingung dalam memilih marketplace di Indonesia!

Apa Itu Marketplace?

Masih banyak masyarakat kita yang rancu, menyebut marketplace sebagai online shop. Padahal keduanya adalah hal yang berbeda. Sebelum membahas marketplace apa saja yang ada di Indonesia, kita harus paham dulu dengan konsep marketplace itu sendiri.

Marketplace merupakan perantara antara penjual dengan pembeli dalam dunia maya. Aplikasi atau website marketplace berperan sebagai pihak ketiga yang menyediakan tempat berjualan lengkap dengan fasilitas pembayarannya dalam proses transaksi online. Singkatnya, marketplace merupakan department store berbasis online.

 

Baca juga Pentingya SEO untuk Toko Online

 

Aplikasi dan Situs Marketplace Terpopuler di Indonesia

Banyaknya marketplace yang ada di negara kita terkadang membuat kita bingung harus memilih marketplace mana yang paling sesuai dengan kebutuhan. Berikut beberapa aplikasi dan situs marketplace terpopuler di negara ini yang bisa kamu jadikan referensi dalam memilih marketplace untuk melakukan kegiatan jual-beli.

·      Tokopedia

Tokopedia menjadi salah satu marketplace terpopuler di Indonesia yang menjadi andalan bagi masyarakat kita. Masyarakat nyaman menggunakan Tokopedia karena pemuatan data yang cepat serta situs webnya yang optimal. Situsnya membantu masyarakat dalam melihat harga grosir dari suatu produk. Aplikasi yang nyaman lengkap dengan verifikasi OTP menjadi nilai lebih dari marketplace yang satu ini.

·      Shopee

Marketplace asal Singapura juga berhasil menjadi yang populer di Indonesia. Ciri khas Shopee yaitu memiliki layanan ‘Garansi Shopee’ yang dapat menyerahkan jumlah pembayaran setelah barang pesanan sampai ke tangan pembeli. Marketplace ini menjadi marketplace pertama yang beroperasi dengan model C2C (konsumen ke konsumen) dan B2C (bisnis ke konsumen) dalam waktu yang bersamaan.

·      Blibli

Menjadi marketplace yang memiliki layanan pelanggan 24/7, membuat masyarakat nyaman dalam menggunakan Blibli sebagai marketplace terfavorit di Indonesia. Websitenya menyediakan 26 metode pembayaran yang dapat memudahkan masyarakat Indonesia dalam proses pembayaran karena banyaknya metode pembayaran yang tersedia.

·      Bukalapak

Bukalapak menjadi unicorn dalam dunia marketplace di Indonesia. Marketplace ini bekerjasama dengan banyak UKM dalam negeri dan mitra lokal lainnya seperti warung.

·      Lazada

Menjadi marketplace yang sudah berkembang luas menjadikan Lazada berada dalam e-commerce teratas untuk wilayah Asia Tenggara. Pertumbuhannya sangat pesat bukan hanya dalam negeri saja tetapi juga menyasar pasar di luar negeri. Dalam pertumbuhan dan perkembangannya, marketplace ini memiliki layanan antar yang cepat juga berusaha menyempurnakan pengalaman pengguna pada websitenya.

Nah, gimana? Masih bingung memilih marketplace yang sesuai dengan keinginanmu? Atau masih bingung memilih marketplace yang sesuai untuk memasarkan produkmu? Jangan khawatir, buat kamu yang masih bingung memilih marketplace mana yang sesuai dengan produk kamu bisa banget belajar basic digital marketing agar dapat menyasar pasar yang sesuai. Yuk, ikuti kursus digital marketing secara online di Campus Digital! Belajar basic digital marketing agar bisnis kamu semakin berkembang

Hubungi Kami