Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Dosen

3 tahun yang lalu


Mengenal Bisnis Dropship, Tren Bisnis Online Masa Kini

3 tahun yang lalu - By Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Bagaimana cara berjualan online dengan modal minim ? maka jawabannya adalah berjualan dengan cara dropship. Anda hanya butuh gadget, pulsa, nomor rekening, dan internet. Apakah Anda sudah punya? Jika sudah, silakan baca paragraf berikutnya.

Dropship merupakan sistem berjualan dimana seseorang tanpa memilik produk pun sudah bisa memulai berbisnis, namun harus aktif mempromosikan lewat internet messenger, Website, ataupun social media milik Anda. Jika ada pemesanan, arahkan pembeli transfer ke rekening Anda. Selanjutnya tugas Anda adalah menghubungi dan transfer ke supplier untuk mengirimkan barangnya ke alamat pembeli Anda.

Cara kerja dari sistem dropship, supplier akan mengirimkan paket dengan identitas pengirimnya adalah Anda, seolah-olah memang Anda yang berjualan dan memiliki barang.

Tentu saja sistem ini menguntungkan semua pihak.

Bagi supplier, keuntungan yang didapatkan adalah produk dapat dengan mudah dan cepat terdistribusikan. Ini juga akan mengurangi beban promosi Anda karena reseller dropship juga sekaligus membantu mempromosikan produk Anda. Tugas supplier adalah menjaga komunikasi dengan reseller supaya mudah dan cepat dihubungi oleh reseller dropshipnya.

Bagi reseller dropship, Anda hanya perlu memaksimalkan promosi Anda ke segala penjuru. Produk dan pengiriman menjadi tanggung jawab supplier. Pastikan interaksi dengan supplier dilakukan dengan baik dan responsif satu sama lain.

Menyenangkan bukan ? sistem jualan online dengan metode dropship ini sudah menjadi tren di bisnis online.

Tapi jangan keenakan, baik supplier ataupun reseller dropship harus memperhatikan hal-hal berikut supaya sistem ini berjalan lancar.

Untuk supplier :

1. Anda mewakili nama baik reseller dropship Anda. Jaga potensi market milik mereka dengan mengirimkan paket produk yang berkualitas dan aman hingga sampai ke tangan pembeli.

2. Reseller dropship Anda adalah customers Anda juga. Perlakukan dengan nyaman dan beri respon cepat saat

berinteraksi. Tidak ada yang menjamin reseller dropship Anda akan terus memasarkan produk Anda.

3. Update informasi stock kepada seluruh reseller dropship Anda, karena mereka sangat perlu info tersebut jika ada calon pembeli yang bertanya.

Untuk reseller dropship :

1. Pastikan Anda bertransaksi dengan supplier yang aktif. Karena jika ada pertanyaan dari pembeli yang jawabannya perlu ditanyakannya ke supplier, supplier harus cepat menanggapi. Jika terlalu lama, calon pembeli bisa kabur.

2. Uji kualitas supplier dengan membeli produknya terlebih dahulu. Alamatkan kepada salah satu teman Anda. Apakah produknya bagus, packing rapih, dan identitas pengirim tertulis nama Anda?

3. Pertimbangkan jika ada pembeli yang membeli 2 produk dan menginginkan dibungkus dalam 1 paket, tapi ternyata Anda dropship dari 2 supplier dan kota yang berbeda

Aplikasikan hal-hal di atas, sistem jualan online yang satu ini akan semakin lancar dan enak. Jika yang enak bisa dibuat lagi menjadi lebih enak, siapa yang gak mau coba jualan online ?

Hubungi Kami