Hanifi Puspasari

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #wabsite

Mengenal Cara Kerja LMS (Learning Management System)

2 tahun yang lalu - By Hanifi Puspasari

Penggunaan internet telah berkembang di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Perkembangan tersebut tentu saja bermanfaat bagi dunia pendidikan. Saat ini, telah banyak kampus yang mengembangkan LMS (Learning Management System). Mungkin kamu juga telah sering menggunakan platform ini. Namun, apakah kamu sudah mengenal bagaimana cara kerja LMS yang sebenarnya?

Mengenal Cara Kerja LMS yang Sering Kamu Gunakan Saat Kuliah Online

Agar lebih mudah membayangkan, bayangkan saja jika LMS ini adalah sebuah web yang bisa diakses orang-orang dengan log in terlebih dahulu. Di sana, kamu bisa mengunggah dan mengakses materi, membentuk forum, serta melakukan interaksi dengan pengguna lainnya. Sebuah Learning Management System memungkinkan metode pembelajaran online ataupun blended. Jika online, maka siswa dan guru melakukan pembelajaran dan interaksi sepenuhnya online atau jarak jauh. Jika dengan metode blended learning, maka siswa dan pengajar tetap bertemu secara fisik namun menggunakan LMS untuk mendukung pembelajaran.

Dengan LMS, pengelolaan pembelajaran menjadi lebih efektif dan terorganisir. Itulah mengapa mulai banyak kampus-kampus di Indonesia yang menggunakan LMS untuk menjalankan kegiatan perkuliahan. Apalagi di masa pandemi ini, di mana semua hal membutuhkan jarak, kehadiran LMS sangatlah membantu.

Fitur Login LMS

Karena tujuan utama dari LMS adalah untuk memudahkan penyampaian pembelajaran dari guru kepada siswa. Biasanya, akan ada 3 fitur login dalam LMS. Login admin bagi administrator untuk menyediakan alat bagi pengguna untuk mengunggah atau menyunting konten mereka, serta mengubah akses pengaturan. Login guru, memungkinkan guru untuk mendistribusikan materi pembelajaran, memberikan tugas, dan menerima tugas yang telah para siswa kumpulkan, serta memberi kursus. Serta login siswa yang memfasilitasi siswa untuk mendapat notifikasi mengenai materi atau tugas terbaru. Setelah menyelesaikan tugasnya, siswa bisa mengembalikan tugas tersebut di LMS. Kemudian tugas tersebut diambil oleh guru ataupun admin.

Nah, sekarang kamu sudah mengenal cara kerja LMS (Learning Management System) yang sering kamu gunakan, bukan? Kita harus bersyukur dengan adanya kemajuan teknologi yang memberi kemudahan untuk tetap melaksanakan pembelajaran di tengah pandemi ini. Sebagai warga negara yang baik, jangan menyalahgunakan teknologi, ya!

 Kamu juga bisa mengikuti pelatihan digital marketing Campus Digital

Hubungi Kami