Elok Fajar Mardiana

Kontributor

2 tahun yang lalu


#takberkategori #pembelajaranonline

Mengenal Dekat Tentang Sistem Pembelajaran Online

2 tahun yang lalu - By Elok Fajar Mardiana

Istilah sistem pembelajaran online pada saat ini semakin marak bagi dunia pendidikan. Pembelajaran online merupakan pembelajaran yang dilakukan tanpa melakukan tatap muka, yaitu melalui platform yang telah tersedia. Sebenarnya pembelajaran online tidak hanya memindah proses tatap muka menggunakan aplikasi digital, namun juga penrapan teknologi. Ilmu teknologi pendidikan mendesain sistem agar pembelajaran online menjadi efektif, dengan mempertimbangkan tujuan pendidikan secara khusus. Adapun prinsip-prinsip pemanfaatan teknologi yang harus menjadi acuan guru dalam meamanfaatkan teknologi yaitu mampu menghadirkan fakta yang sulit dan langka ke dalam kelas, memberikan ilustrasi fenomena alam dan ilmu pengetahuan, memberikan kebebasan siswa untuk bereksplorasi, memudahkan interaksi antara siswa dan guru.

Sistem pembelajaran online dianggap dapat menjadi alternatif untuk proses belajar yang fleksibel dan praktis serta disukai oleh generasi saat ini. Selain itu, ada beberapa jenis pembelajaran online yang harus kita ketauhi. Apa saja kah itu? Yuk kita simak pembahasannya!!

- LMS (Learning Management System)

Sistem pembelajaran online ini merupakan sebuah wadah bagi guru dan siswa untuk berinteraksi pada proses belajar mengajar tanpa tatap muka. Selain itu LMS juga memiliki fasilitas penulisan materi, upload materi, penugasan, pembuatan bank soal, dan fasilitas menarik lainnya yang bergantung pada penyedia LMS sendiri.

- CBT (Computer Based Training)

Jenis ini merupakan jenis yang paling awal dalam perkembangan pembelajaran online. CBT merupakan media pembelajaran yang menggunakan CD-ROM berisi konten materi seperti tulisan maupun multimedia audio dan video, sehingga model ini hanya dapat berjalan satu arah saja. 

- Aplikasi Pembelajaran Online Berbasis Web

Setelah munculnya LMS semakin berkembangnya zaman mulai berubah menjadi aplikasi yang berbasis web. Aplikasi pembelajaran online ini menghubungakan antara pengajar dan siswanya dalam proses pembelajaran. Selain itu aplikasi pembelajaran online ini juga menyediakan fitur yang lebih menarik dengan perpaduan multimedia seperti video streaming dan penampilan yang interaktif.

Dalam menghadapi perkembangan zaman yang serba digital kita dituntut untuk bisa mengikutinya salah satuya yaitu dengan penggunaan sistem pembelajaran online ini.

Kunjungi dan daftar ke Campusdigital


Hubungi Kami