Alicia Diahwahyuningtyas

Kontributor

3 tahun yang lalu


#terupload #marketplace #tips&trik #wabsite

Mengenal Formula AIDA Dalam Copywriting

3 tahun yang lalu - By Alicia Diahwahyuningtyas

Mengenal formula AIDA dalam copywriting untuk menaikan omset penjualan bisnis kamu memanglah penting. Dalam menulis copywriting yang menjual, kamu perlu mengetahui teknik penulisan AIDA terlebih dahulu. Dengan menggunakan formula AIDA, kamu dapat menarik perhatian, bahkan bisa sampai membuat orang lain mengambil tindakan pembelian produk/jasa yang kamu tawarkan.

Penyusunan tulisan dalam teknik ini memerlukan banyak pertimbangan dan kreativitas. Akan tetapi, tidak semua orang paham dengan teknik penulisan yang baik dan menarik. Untuk itu, kamu harus mengenal formula AIDA untuk membuat copywriting yang dapat menaikan omset penjualan bisnis kamu.

Teknik AIDA Untuk Copywriting Penjualan | Alona.co.id

Copywriting dengan Formula AIDA

AIDA adalah AttentionInterestDesire, dan Action. Keempat formula ini dapat mengubah halaman kosong menjadi tulisan atau konten yang memikat, berkesan, menarik minat, bahkan membuat orang lain menjadi terpengaruh setelah membaca tulisan atau konten tersebut. Berikut ini, adalah cara menerapkan formula AIDA dalam pembuatan konten copywriting

1.   Attention

Salah satu penelitian yang pernah dilakukan SilverPop pada tahun 2013, menemukan fakta bahwa seseorang merasa tertarik pada sebuah konten hanya dalam waktu 8 detik saja.

Jika kamu tidak bisa membuat pembaca tertarik dalam 8 detik pertama, maka dianggap konten itu gagal dalam menyampaikan pesan kepada target pasar.

Terdapat 3 elemen yang dapat kamu dijadikan faktor untuk menarik perhatian adalah judul, gambar, dan kalimat pembuka.

2.   Interest

Ada beberapa elemen untuk mencapai interest dari calon pelanggan. Antara lain adanya fakta informasi, studi kasus, data statistik, kondisi ideal, serta alasan mengapa konsumen harus percaya pada apa yang kamu sajikan dalam konten tersebut.

Misalnya: 

  • Mampu menaikan berat badan hingga 5 kg dalam kurang dari 1 minggu.

3.   Desire

Pada tahap ini, kamu harus dapat membuat calon pelanggan benar-benar menginginkan produk yang kamu tawarkan. Desire hampir mirip dengan interest, yang membedakan adalah desire lebih banyak bermain emosi dan logika dengan menampilkan benefit produk. Tapi perlu kamu ingat bahwa benefit dengan fitur sangatlah berbeda.

Misalnya:

Sabun kecantikan mengandung niacinemaid untuk memutihkan kulit

4.   Action

Action merupakan tindakan yang dilakukan oleh calon pelanggan setelah membaca konten kamu. Bahkah, pelanggan juga dapat berkontribusi dengan membuat akun, mendaftar, melakukan pengunduhan, menelpon, atau mengisi kuesioner.

Belajar membuat Copywriting yang baik di Semarang, hanya di Campus Digital

Hubungi Kami