Syifa Dhia Arina

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #wabsite #seo

Mengenal SEO dalam Dunia Digital Marketing

2 tahun yang lalu - By Syifa Dhia Arina

 

Mengenal SEO dalam Dunia Digital Marketing

 

Mengenal SEO dalam dunia digital marketing menjadi suatu keharusan bagi seorang digital marketer atau content writer yang menulis berbagai artikel mengenai produk di blog atau website perusahaan. Dengan memahami serta menerapkan SEO yang baik dan benar, blog atau website perusahaan dapat muncul dalam peringkat atas pada hasil penelusuran Google. Tentu hal ini nantinya akan berpengaruh pada kesuksesan kegiatan digital marketing dalam rangka mempromosikan produk yang dimiliki. Di tulisan kali ini, Campus Digital akan memperkenalkan SEO kepada kamu secara singkat. Yuk, fokus dulu dan serap ilmu berikut ini!

 

Apa Itu SEO?

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang dapat membantu upaya optimasi blog atau website perusahaan agar dapat muncul di peringkat tertinggi dalam hasil penelusuran. Peringkat yang tinggi akan meningkatkan trafik organik dari blog atau website perusahaan terkait. Penggunaan SEO yang baik juga akan membantu dalam mendapatkan trafik yang tepat sesuai dengan target audiens dan tujuan utama suatu blog atau website perusahaan.

 

Baca juga Merek dan Upaya Menjaga Eksistensi

 

Bagaimana Cara SEO Bekerja?

Sebuah mesin pencari memiliki algoritma yang menjadi penentu ranking sebuah konten dalam hasil penelusuran. Salah satu mesin pencari terbesar saat ini adalah Google. Namun, algoritma milik Google selalu berubah-ubah setiap waktu. Hal ini terjadi karena Google ingin memberikan hasil pencarian yang semakin baik, relevan serta solutif bagi penggunanya. Sebagai pebisnis atau digital marketer, kamu wajib mengikuti update dari algoritma Google ini agar optimasi SEO berjalan dengan sebagaimana mestinya. Saat ini, ada beberapa indikator SEO yang sesuai dengan algoritma Google seperti struktur URL, penggunaan SSL/TLS, topik dalam konten, search intent, struktur konten, meta tags, backlink, serta kecepatan website perusahaanmu.

 

Jenis SEO yang Wajib Kamu Ketahui

Ada dua SEO yang saling berkaitan dan memiliki peran penting dalam praktik SEO sebuah blog atau website perusahaan kamu, yaitu:

 

1.     SEO On Page

SEO on page merupakan langkah optimasi yang dapat kamu lakukan dalam website. Langkah optimasi SEO on page terdiri dari permalink, struktur konten, judul konten, kecepatan website, penggunaan heading, tema responsif serta internal link.

 

2.     SEO Off Page

SEO off page merupakan langkah optimasi yang bisa kamu lakukan di luar website. Langkah optimasi ini dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya yaitu backlink atau inbound link. Hal ini akan semakin baik apabila banyak website berkualitas mengarahkan unggahan mereka ke konten milik website kamu. Jika sudah begini, kemungkinan Google akan menaikkan peringkat website kamu semakin tinggi karena dianggap sebagai website dengan kredibilitas tinggi.

 

Nah, gimana? Apakah kamu tertarik memahami lebih jauh mengenai teknik SEO untuk website perusahaan kamu? Buat kamu yang tertarik memahami teknik SEO lebih jauh lagi, bisa mengikuti kursus digital marketing di Campus Digital. Kamu akan bertemu dengan digital marketer profesional yang siap membimbing kamu dalam dunia digital marketing. Yuk, daftar sekarang untuk kemajuan bisnismu yang lebih baik!

Hubungi Kami