Pandan Ayu

Kontributor

2 tahun yang lalu


#situsblogger #website

Mengenal Situs Blogger.com

2 tahun yang lalu - By Pandan Ayu

Blogger merupakan situs untuk membuat blog secara gratis. Situs Blogger.com ini terbentuk pada bulan Agustus tahun 1999. Kemudian, Google mengakuisisi Blogger pada tahun 2003.

Umumnya, blogger bersifat pribadi atau dalam arti lain konten yang ada tidak jauh-jauh dari kehidupan si pemilik blog. Namun pada awal kemunculannya, blogger lebih mengarah pada segmen berita dan informasi. Lalu, seiring waktu blogger pun berkembang. Topik hobi dan minat menjadi lebih popular dalam konten-konten blogger.

Saat ini pun konten blog jauh lebih bervariasi lagi. Apalagi dengan kemudahan internet yang membuat pemasaran jauh lebih mudah dilakukan. Tak sedikit perusahaan-perusahaan yang memulai mengintegrasikan bisnisnya ke dalam jaringan internet seperti blogger.

 

Cara Menjadi Blogger

Kalau kalian ingin menjadi seorang blogger, artinya kalian harus siap untuk konsisten dalam menulis dan terus mengembangkan konten-konten yang informative dan menarik. Jika semua itu sudah terlalui, bukan tidak mungkin blog kalian akan banyak meraih pengunjung.

Lalu bagaimana caranya menjadi blogger? Ikuti beberapa tips berikut ini.

Membuat Blogger untuk Tujuan yang Baik

Tips pertama untuk menjadi seorang blogger tentunya adalah memiliki akun blog. Tanpa mengeluarkan uang, akun blogger.com siap untuk menjadi modal awal kesuksesasn kalian.

Jika sudah, mulailah rutin dalam menulis agar blog menjadi besar dan banyak dikenal orang. Isilah blog tersebut dengan konten yang menarik tetapi juga informative dan bisa memberikan manfaat atau solusi bagi pengunjung.

Membuat Tema Blogger

Seorang blogger biasanya fokus pada topik atau tema tertentu. Jadi, cobalah untuk memilih satu tema yang paling kalian kuasai dan yang paling menggambarkan diri. Tema ini akan memudahkan kalian dalam pembuatan konten. Tulisan jadi lebih focus dan tidak melebar kemana-mana. Selain itu, ini sekaligus akan menjadi identitas kalian. Nantinya pengunjung dapat mudah mengenali blog dan konten kalian. Misalnya, tema blog kalian adalah travelling. Dengan kualitas tulisan yang bagus dan topic yang jelas, pengunjung akan langsung mengingat blog kalian apabila mendengar tentang travelling.

Baca Juga: Manfaat Membuat Blog Bagi Pelajar

Apabila kalian masih bingung dengan pemilihan tema, berikut beberapa contohnya:

  • Teknologi dan internet; tutorial android/komputer; tips dan trik media sosial Facebook/Instagram/Twitter/dan lainnya
  • Otomotif; jual beli aksesoris mobil dan lainnya
  • Kuliner dan makanan khas; Wisata lokal maupun interlokal bahkan internasional
  • Desain grafis; desain arsitektur, interior, eksterior, exhibition, dan lainnya
  • Kecantikan, produk dan aksesoris kecantikan
  • Pertanian, perhutanan, ilmu tanaman/tumbuhan
  • Kesehatan, obat-obatan, peralatan kesehatan
  • Dan lain sebagainya

Blogger Harus Suka Menulis

Aneh apabila kalian ingin menjadi blog tetapi tidak senang dengan kegiatan menulis. Sebab, bagaimanapun juga konten blogger adalah suatu tulisan atau artikel. Memang, saat ini blogger tidak hanya berisikan konten tulisan, namun juga sarana pemasaran produk dan sebagainya. Tetapi, dagar dapat menarik pengungjung dan pembeli, kemampuan menulis sangatlah penting.

Maka dari itu, kalau kalian ingin menjadi blogger tapi tidak suka menulis, mulailah berlatih perlahan-lahan.

Blogger Harus Konsisten

Konsisten di sini adalah pada waktu dan tema. Artinya, blogger harus siap menulis konten secara terjadal, baik itu setiap hari, seminggu sekali, atau sebulan sekali. Menulis secara rutin sangat penting agar akun blogger kalian tetap eksis.

Untuk masalah tema, seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Intinya adalah tetap menulis sesuai tema inti. Jangan melebar kemana-mana agar pengunjung tidak bingung.

Membuat Blogger Untuk Menghasilkan Uang

Sebelumnya telah kita pelajari bahwa blogger.com merupakan situs untuk membuat konten berupa artikel hingga untuk memasarkan produk.

Nah, kalau kalian sudah cukup konsisten dalam mengembangkan konten-konten di blogger dan konten-konten sudah berkualitas, kalian bisa bisa menetapkan tujuan baru. Carilah penghasilan dari blog.

Baca Juga: Darimana Suber Pendapat Menjadi Blogger?

Berikut ini beberapa cara untuk mengembangkan blog sehingga dapat menghasilkan uang:

  • Menampilkan iklan di Blog
  • Menjual produk/barang
  • Menjual jasa lewat Blog
  • Membuat buku dari tulisan Blog

Demikian beberapa hal yang bisa kamu ketahui tentang blogger. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

bisa lihat juga di website Campusdigital

Hubungi Kami