Alizha Alkhanza

Kontributor

2 tahun yang lalu


#terupload #sosialmedia #facebookads

Menggunakan Facebook Ads Library!

2 tahun yang lalu - By Alizha Alkhanza

Apakah Anda termasuk ke dalam salah satu pengiklan Facebook yang bingung ketika ingin membuat konten iklan? Atau Anda hanya ingin melihat iklan-iklan dari para kompetitor lain dengan produk yang sejenis dan telah beriklan. Lalu ingin Anda jadikan sebagai suatu referensi?

Nah, solusi yang sangat tepat adalah dengan menggunakan Facebook Ads Library.

Hingga saat ini, Facebook Ads telah menjadi salah satu media sosial untuk beriklan dan paling efektif agar lebih memudahkan para pembeli datang.

Jenis iklan di dalam Facebook Ads juga sangat beragam. Anda dapat menyesuaikannya melalui ukuran iklan hingga ke tujuan beriklan. Apakah tujuan tersebut untuk membangun awareness, consideration, atau hal lain.

Bagi Anda yang ingin memulai beriklan di Facebook, sebenarnya cukup mudah, asal Anda sudah memiliki akun Facebook secara aktif. Tinggal bagaimana Anda membuat akun business manager Facebook saja serta memulai iklan pertama Anda.

Apa Itu Facebook Ads Library?

[caption id="" align="aligncenter" width="401"]Facebook Ads Library Facebook Ads Library[/caption]

Anda perlu tahu, bahwa Facebook Ads Library merupakan suatu fitur yang Facebook miliki dan fungsinya untuk melihat berbagai iklan yang terdapat di Facebook.

Dengan menggunakan Facebook Ads Library, maka Anda dapat melihat iklan dari para kompetitor bisnis Anda dengan detail. Mulai dari ads copy, image, dan targeting audience. 

Facebook Ads Library menampilkan iklan-iklan Facebook, termasuk iklan yang masih aktif hingga saat ini. Dari pihak Facebook memang sangat terbuka dengan hal transparansi data, terutama pada iklan-iklan pemilu.

Namun, Anda tetap bisa untuk menggunakan Facebook Ads Library sebagai keperluan bisnis, terutama untuk melihat kompetitor bisnis Anda yang telah sukses.

Mengapa Perlu Adanya Riset Kompetitor Produk?

Mungkin dari beberapa orang ada yang bertanya, mengapa kita masih memerlukan riset kompetitor produk dahulu sebelum memulai untuk beriklan?

Dengan menggunakan Facebook Ads Library, maka Anda bisa mendapatkan beberapa referensi konten iklan dari kompetitor. Nah, dengan adanya itu, Anda dapat membuat iklan yang jauh lebih menarik, kreatif, dan variatif hingga bisa bersaing dengan para kompetitor di luar sana.

Cara Berikut Ini, Dapat Anda Contoh untuk Riset Awal Produk-mu:

1. Melihat Google Trend

Dari pencarian yang telah Anda dapatkan melalui website, bisa Anda cari kesepadanannya melalui Google Trends. Contohnya, di website telah mencantumi suatu nama produk dari pemilik tertentu, nah Anda dapat mencari produk tersebut dengan versi lokal.

Lalu, cek bagaimana pergerakannya dan ambil langkah apa yang akan Anda lakukan selanjutnya. Dengan itu, Anda akan mendapatkan versi produk yang daerah Anda butuhkan.

2. Riset Melalui Media Sosial

Dua website yang dapat Anda jadikan sebagai patokan ketika ingin meriset, yaitu Instagram dan Facebook. Kenapa dua media sosial itu? Karena media ini, mayoritas digunakan oleh pelanggan Anda maupun kompetitor produk bisnis Anda.

Anda dapat melakukannya dengan meriset tagar, adapun website yang dapat Anda gunakan adalah Flick. Di sini, Anda dapat menemukan mana tagar yang kompetitor gunakan seberapa jauh rate-nya.

Pengaruh tagar sangat penting, maka di tahap ini Anda perlu memaksimalkannya dan mencari tahu juga jenis konten apa yang target pelanggan Anda sukai.

3. Pencarian Market Place

Apabila kata kunci telah Anda dapatkan, maka langkah berikutnya adalah mengecek optimasi dari suatu produk atau rate produk di market place. Dikarenakan, market place menjadi salah satu media yang memiliki potensial dalam memasarkan produk.

Selamat mencoba!

Hubungi Kami