Sari Wardhatul Jannah

Kontributor

2 tahun yang lalu


#sosial media #e-learning #motivasibelajar

Meningkatkan Motivasi Belajar Dengan e-Learning

2 tahun yang lalu - By Sari Wardhatul Jannah

Meningkatkan motivasi belajar dengan e-Learning

Menjadi hal yang lumrah naik dan turunnya motivasi belajar mahasiswa. Hal ini dikarenakan perubahan mood mahasiswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal lain juga karena perkembangan teknologi semakin memudahkan mengakses hiburan yang sering kali membuat mahasiswa menjadi lalai. Namun pembelajaran dengan metode e-learning mampu meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Mengapa demikian? Berikut ulasan mengapa dapat meningkatkan motivasi belajar dengan e-Learning.

1. Fleksibilitas

Fleksibilitas menjadi hal yang paling memudahkan mahasiswa dalam proses pembelajaran. Mahasiswa tidak perlu datang kekampus untuk megikuti kegiatan kampus, bahkan mereka tidak perlu mengantarkan surat izin apabila tidak berhadir. Dengan metode e-learning semua mahasiswa dapat mengikuti kegiatan pembelajaran sebagaimana semestinya dimanapun. Sehingga mahasiswa dapat mengatur suasa belejar yang ia sukai.

2. Adaptive Learning

Adanya perbedaan daya tangkap mahasiwa dalam proses belajar mengakibatkan tidak meratanya kemampuan mahasiswa dalam menerima pelajaran. Dengan menggunakaan metode e-Learning pengajar dapat memberikan metode pembelajaran yang sesuai untuk masing-masing peserta. Dan juga dengan kelebihan fitur pada LMS peserta dapat mengulang materi pelajaran kapanpun.

3. Pembelajaran Variatif

Pembelajaran yang variatif tidak hanya meningkatkan motivasi tetapi juga memaksimalkan dalam proses pembelajaran. Hal ini harus didukung dengan fitur dari LMS yang memumpuni untuk memaksimalkan potensi dari berbagai metode. Misalnya penggunaan metode video, animasi, kuis, dan sebagainya. Akan tetapi setiap metode pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Maka dari itu pemilihan sistem dan metode harus sesuai dengan kebutuhan mahasiswa agar hasilnya maksimal.

4. Interaksi Sosial

Interaksi sosial merupakan suatu edukasi penting untuk semua pelajar. Selain memiliki kemampuan yang baik tentu harus memiliki interaksi soasial yang baik pula. Meskipun dengan metode e-Learning seluruh kegiatan secara online, dengan pengembangan metode LMS dapat menggunakan fitur tambahan yaitu online forum. Fitur ini menjadi kunci utama utuk seorang pengajar mengajak mahasiswa berinteraksi seperti tanya jawab baik tentang kegiatan dikelas ataupun diluar kelas. Dengan begitu setiap mahasiswa akan semakin termotivasi untuk mengikuti berbagai kegiatan.

Baca juga : Strategi Efektif Belajar Online

Kunjungi dan daftar ke Campusdigital

Hubungi Kami