Ersa Ely Megawati

Publisher

1 tahun yang lalu


#searchengine #seoonpage #seo #digitalmarketing #digitalstrategy

Optimasi SEO On Page

1 tahun yang lalu - By Ersa Ely Megawati

Pengoptimalan pada halaman website harus selalu Anda utamakan karena mesin pencari terus berkembang. Penting untuk memastikan bahwa strategi SEO pada halaman Anda adalah yang terbaru. Artikel ini akan membahas optimasi SEO On Page, mengapa penting dan tools yang digunakan.

Apa itu SEO On Page?

SEO On Page merupakan praktik mengoptimalkan halaman web agar mendapat peringkat lebih tinggi pada mesin pencari serta memperoleh trafik organik yang baik. Selain membuat konten yang relevan dan berkualitas tinggi. SEO On Page mencakup pengoptimalan judul, tag HTML (judul, meta, dan header), serta gambar.

Mengapa SEO On Page Penting?

SEO On Page membantu mesin pencari dalam memahami situs web dan kontennya, serta mengidentifikasi apakah relevan dengan kata kunci penelusur.

Google dengan algoritma kompleksnya, menjadi lebih baik dalam: 

  • Memahami apa yang sebenarnya ditelusuri pengguna saat mengetik kueri. 
  • Menampilkan hasil pencarian yang memenuhi maksud pengguna (informasi, belanja, navigasi).

Baca Juga: Belajar SEO untuk Pemula

Bagaimana Cara Membuat Konten SEO yang Baik?

1. Relevan

Relevansi, Anda harus mampu menyelaraskan konten sesuai dengan maksud pencarian. Gagal memberi mesin pencari apa yang mereka inginkan maka peluang mendapatkan peringkat juga akan semakin tipis.

2. Unik

Penting untuk memberikan apa yang mesin pencari inginkan, namun Anda juga perlu menghadirkan sesuatu yang baru. Jika Anda gagal melakukan ini, maka konten Anda akan sama seperti milik orang lain. Dalam pembuatan konten SEO, harus memiliki ruang lingkup untuk beberapa kreativitas.

3. Jelas

Meskipun konten tersebut baik, tetapi harus tetap selaras dengan maksud penelusuran. Konten Anda tidak ada yang akan membacanya bila tidak jelas. 

Tools SEO On Page

Beberapa tools gratis yang membantu dalam pengoptimalan website:

  • Yoast SEO : Berfungsi untuk menambahkan judul, meta deskripsi, tag, dan data terstruktur pada artikel serta halaman.
  • Rich Results Test : Memeriksa data terstruktur pada halaman untuk melihat apakah data tersebut memenuhi syarat dalam mendapatkan rich snippet di SERP.
  • Ahrefs Webmaster Tools : Digunakan untuk menganalisis struktur halaman peringkat teratas lainnya.
  • MetaTags.io : Sebagai pratinjau terlebih dahulu bagaimana tag judul, URL, dan meta deskripsi akan terlihat pada hasil pencarian.
  • ShortPixel: Digunakan untuk menglompres dan optimalkan gambar.

Itu dia langkah yang bisa Anda lakukan untuk memulai optimasi SEO On Page. Semoga cara tersebut bisa meningkatkan trafik website Anda. Tertarik untuk belajar lebih dalam terkait SEO? Yuk, segera bergabung bersama kami di Campus Digital.

Hubungi Kami