Ersa Ely Megawati

Publisher

1 tahun yang lalu


Optimasi SEO On Page pada Domain

1 tahun yang lalu - By Ersa Ely Megawati

Saat Anda membangun sebuah blog atau website, melaksanakan optimasi SEO On Page pada domain merupakan hal yang wajib menyertainya. SEO On Page merupakan fondasi untuk sebuah website. Bila On Page nya sudah baik, optimasi selanjutnya akan menjadi lebih mudah.

SEO atau Search Engine Optimization merupakan sebuah teknis optimasi yang penggunaannya untuk memaksimalkan performa website di mesin penelusur. Dengan menjalankan optimas SEO, maka website akan menempati posisi yang baik di halaman pencarian (SERP/ Search Engine Result Page).

Manfaat SEO yaitu membuat setiap halaman pada website teroptimasi sehingga ramah pencarian oleh pengguna. Ketika pengguna mengetikkan kata kunci pada browser, maka website kita akan tampil di halaman utama pencarian. Dengan begitu, website akan memiliki banyak pengunjung, dan proses monetisasi atau tujuan bisnis dapat berjalan optimal.

Baca : 

Cara Optimasi SEO On Page pada Domain

1. Nama Domain

Bila Anda baru berada pada tahap merancang sebuah website, langkah optimasi dapat Anda mulai dengan memilih nama domain yang tepat. Terdapat beberapa jenis nama domain yang dapat Anda gunakan:

  • Brand domain, adalah nama domain langsung menggunakan nama unik brand, seperti kompas.com, detik.com, moz.com, dll.
  • Partial match domain, adalah menggunakan keyword dengan menambahkan kata lain, seperti wisataunik.com, denahrumah43.com, dll.
  • Exact match domain, adalah domain dengan menggunakan keyword tanpa tambahan kata unik, seperti bookinghotel.com, wisatalombok.com, androidterbaik.com, dll.

Menggunakan partial match dan exact match domain dapat memberi keuntungan dan kekurangan. Satu sisi domain ini bisa lebih mudah untuk naik di hasil pencarian, dan dapat menjadi kelemahan sebab over optimasi secara tidak sengaja.

Tips dalam membuat nama domain :

  • Menggunakan nama domain yang simpel dan unik
  • Menggunakan nama domain yang mudah di ingat dan mudah di ketik.
  • Minimalisir penggunaan karakter unik seperti strik dalam nama domain
  • Jauhi penggunaan nama domain yang terlalu panjang.

2. Keywords (Kata Kunci)

Optimasi SEO On Page tidak dapat lepas dari peranan keyword atau kata kunci. Dalam penggunaan kata kunci, terdapat beberapa prinsip yang harus Anda ikuti :

  • Hindari penggunaan keyword stuffing karena ini tidak berguna sama sekali.
  • Memakai kata kunci yang relevan dan tepat.
  • Melaksanakan riset kata kunci secara berkala untuk kebutuhan konten dan website Anda keseluruhan.
  • Memakai kata kunci pada judul dan sub judul secara natural.
  • Memakai keyword utama dalam 100 kata pertama di konten.
  • Memperhatikan kepadatan kata kunci dalam konten (Maksimal 2% dari jumlah kata atau Anda dapat memanfaatkan rekomendasi dari Yoast SEO).
  • Memakai LSI keywords secara optimal.

LSI (Latent Semantic Indexing) keyword merupakan keyword yang mempunyai makna mirip (sinonim) dengan kata kunci utama yang menjadi target. Keyword yang Anda temukan dalam tool biasanya merupakan hasil penyeragaman dari beberapa keyword yang mirip.

Jadi bila Anda hanya memakai kata kunci utama saja, maka jangkauan Anda dapat sangat terbatas. Pada kenyataannya, orang dapat menggunakan variasi kata apa saja dalam mencari sebuah topik. Maka dari itu mengapa Anda perlu mengoptimalkan penggunaan LSI keyword ini.

Membantu Google dan juga para pembaca untuk memahami isi dari halaman Anda dengan cara menempatkan kata kunci di awal, dalam 100 kata pertama. Jangan terlalu basi-basi dan membuat orang bosan sebab Anda tidak kunjung membahas apa yang telah Anda janjikan dalam judul.

Demikian langkah-langkah untuk optimasi SEO On Page pada domain. Semoga cara tersebut membantu halaman Anda untuk mendapatkan peringkat teratas pada hasil pencarian. Bila Anda tertarik belajar optimasi SEO lebih dalam, yuk bergabung bersama kami di Campus Digital

Hubungi Kami