Kariena Andiniyar

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #wabsite #trik & tips

Orientasi Pasar: Pengertian dan Penjelasan Lengkap!

2 tahun yang lalu - By Kariena Andiniyar

Dalam berbisnis, perlu mengidentifikasikan orientasi pasarnya agar perusahaan yang menjalankan bisnis tersebut menjadi lebih terfokus. Maka dari itu, yuk simak apa itu orientasi pasar?

Apa itu Orientasi Pasar?

Orientasi pasar adalah pendekatan bisnis yang mengutamakan pengidentifikasian kebutuhan dan keinginan konsumen serta menciptakan produk dan jasa yang memuaskan mereka. Perusahaan yang memiliki orientasi pasar mempertimbangkan pendapat dan kebutuhan pasar sasaran mereka sebagai komponen penting dari penelitian dan pengembangan mereka untuk produk baru.

Orientasi pasar merupakan fokus strategis untuk mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen dalam rangka mendefinisikan dalam mengembangkan produk baru. Bisnis mapan seperti Amazon dan Coca-Cola menggunakan prinsip pengorientasian pasar untuk meningkatkan atau memperluas produk atau layanan mereka.

Photo by Oleg Magni from Pexels

Fungsi Orientasi Pasar

Orientasi pasar adalah pendekatan yang berpusat pada pelanggan untuk desain produk. Ini melibatkan riset pasar yang bertujuan untuk menentukan apa yang dilihat konsumen sebagai kebutuhan mendesak, perhatian utama, atau preferensi pribadi mereka dalam kategori produk tertentu.

Perusahaan juga dapat menggunakan analisis data tambahan untuk mengungkapkan tren dan keinginan konsumen yang tidak diungkapkan secara spesifik. Pengetahuan tentang tren ini idealnya dapat membantu pengembang produk memenuhi atau bahkan mengantisipasi kebutuhan konsumen. Mereka bahkan dapat menginspirasi perbaikan yang tidak konsumen sadari sebagai pilihan.

Hal ini memungkinkan perusahaan untuk memfokuskan upaya pengembangan produknya pada karakteristik yang paling diminati. Dengan ekonomi yang semakin global dan proliferasi pilihan bagi konsumen, perusahaan yang beradaptasi dengan orientasi ini dapat mengambil keuntungan dari keunggulan kompetitif atas perusahaan lain.

Manfaat Orientasi Pasar

Orientasi pasar sering kali mencakup perbaikan dalam layanan pelanggan dan dukungan produk yang diarahkan untuk memecahkan masalah yang diangkat oleh konsumen. Ini membantu memastikan kepuasan pelanggan tetap tinggi dengan perusahaan secara keseluruhan dan mempromosikan loyalitas merek dan iklan dari mulut ke mulut yang positif.

Agar berhasil, perusahaan perlu memastikan bahwa semua departemen mengadopsi dan mempromosikan pendekatan orientai ini sehingga menjadi bagian integral dari budaya perusahaan. Ketika efektif, orientasi pasar dapat membantu perusahaan meningkatkan retensi pelanggan dan mendorong pertumbuhan dalam demografi baru.

Kadang-kadang, orientasi pasar dapat mengungkapkan keinginan pelanggan yang sama sekali tidak hemat biaya atau praktis untuk diterapkan. Bisnis kemudian harus menentukan bagaimana memenuhi harapan pelanggan dengan cara terbaik.

Paling tidak, ide-ide yang tidak praktis dapat menginformasikan strategi pembangunan jangka panjang. Pilihan yang tidak efektif biaya saat ini mungkin menjadi sangat mungkin di masa depan karena perubahan teknologi, ilmu pengetahuan, peraturan atau kondisi pasar lainnya.

Orientasi Pasar vs. Strategi Lain

Pengembangan yang berfokus pada orientasi pasar mengutamakan keinginan konsumen, menciptakan produk di sekitar kebutuhan dan keinginan yang mereka nyatakan. Hal ini kontras dengan orientasi produk, sebuah filosofi bisnis yang menekankan membuat konsumen menjadi sadar dan menyukai fitur dan manfaat produk tertentu.

Diferensiasi produk sering kali berjalan seiring dengan pendekatan orientasi produk. Dengan pendekatan ini, perusahaan menggunakan strategi periklanan yang bertujuan untuk mengidentifikasi secara jelas atribut yang membedakan suatu merek dari pesaingnya.

Orientasi penjualan berfokus pada membujuk konsumen agar segera bertindak melalui cara-cara seperti iklan online, media sosial, iklan televisi, demonstrasi di dalam toko, atau pemasaran tanggapan langsung.

Dalam strategi pemasaran yang sukses, mungkin membutuhkan salah satu atau semua pendekatan ini. Tetapi sebagian besar bisnis berfokus pada satu atau beberapa sebagai fokus utama mereka.

Contoh Orientasi Pasar Dunia Nyata

Amazon

Amazon adalah contoh perusahaan yang berorientasi pasar. Seiring pertumbuhan dan perkembangannya, amazon secara konsisten menambahkan proses dan fitur yang secara jelas mengatasi masalah dan keinginan yang konsumen ungkapkan.

Misalnya, banyak konsumen, terutama penduduk kota, khawatir paket akan terkirim saat mereka tidak di rumah. Perusahaan merespons dengan Amazon Locker, jaringan kotak penjemputan swalayan.

Biaya pengiriman, tidak peduli seberapa masuk akalnya, merupakan penyebab utama iritasi bagi konsumen, dan alasan untuk membeli secara lokal daripada memesan secara online. Amazon Prime mengenakan biaya tahunan untuk pengiriman gratis sebagian besar produknya.

Coca-Cola

Coca-Cola adalah perusahaan lain yang terkenal dengan orientasi pasarnya. Banyak penelitian dilakukan untuk mengidentifikasi rasa baru yang benar-benar disukai konsumen, seperti stroberi liar dan jeruk nipis. Tapi rasa baru itu tidak akan membantu Coca-Cola mengatasi meningkatnya kesadaran kesehatan konsumen. Itu sebabnya perusahaan mengakuisisi merek termasuk Dasani, Smartwater, Simply Orange, Minute Maid, dan Vitaminwater.

  Info lanjut kunjungi dang bergabung bersama kami di Campus Digital

Hubungi Kami