Pandan Ayu

Kontributor

2 tahun yang lalu


#terupload # marketplace #wabsite

Page Authority, Apa Itu Artinya?

2 tahun yang lalu - By Pandan Ayu

Bagi kalian yang baru terjun di dunia SEO, pasti sering mendengar istilah Page Authority namun tidak tahu artinya. Tenang saja, di sini kebingungan kalian akan terjawab.

Artikel ini akan khusus membahas Page Authority, mulai dari definisinya, manfaat, hingga, cara meningkatkannya. Yuk, langsung saja kita simak.

Apa Artinya Page Authority?

Page Authority (PA) artinya ialah metric yang bertujuan untuk memprediksi kemungkinan peringkat sebuah laman website pada halaman hasil mesin pencari.

PA memiliki skala penilaian mulai dari 1 hingga 100. Semakin tinggi skornya, semakin tinggi pula kemungkinan halaman website tersebut menduduki posisi atas. Skor yang tinggi juga menunjukkan bahwa website tersebut berkualitas dan kredibel.

Baca Juga: DA dan PA Blog: Pengertian dan Penjelasannya

Manfaat Page Authority

Dalam praktik (SEO), PA merupakan salah satu penilaian yang cukup penting bagi suatu halaman website.

Di atas telah kita ketahui, bahwa skor PA yang tinggi menunjukkan kualitas dan kredibilitas suatu halaman website. Meskipun begitu, PA bukanlah nilai mutlak yang menentukan apakah suatu halaman website bagus atau jelek.

PA hanyalah sebagai penilaian komparatif saja. Dengan mengetahui skor PA, kalian jadi bisa menentukan strategi agar menghalahkan kompetittor dan dapat menduduki posisi yang lebih tinggi di halaman mesin pencari. Kalian jadi bisa mempertahankan user serta menambah pengunjung website.

Cara Meningkatkan Page Authority

Agar website kalian selalu bisa selangkah di depan kompetitor, ikuti beberapa cara untuk meningkatkan PA. Simak langkahnya berikut ini.

Melakukan Link Building

Langkah pertama untuk meningkatkan Page Authority adalah dengan melakukan link building. Link building di sini adalah menautkan backlink dari situs lain ke sebuah konten di halaman website kalian.

Mencari backlink yang berkualitas memang tidak mudah. Tetapi, jika konten yang kalian produksi berkualitas dan up to date, pasti seiring berjalannya waktu akan ada website lain yang ingin menautkan link ke website kalian.

Oleh karena itu, mulai dari sekarang cobalah untuk serius dalam membuat konten. Buatlah konten yang berkualitas terbaik dan sesuai dengan topic utama situs kalian.

Baca Juga: Rekomendasi Situs Domain Authority Checker

Gunakan RSS Feeds

Cara berikutya untuk meningkatkan PA adalah dengan menggunakan RSS Feeds. RSS ialah singkatan dari really simple syndication. Simple dalam RSS ini mengacu pada tipe file XML yang mudah terbaca oleh komputer.

Tipe file ini dapat secara otomatis meng-update informasi. Keunggulan ini jelas sangatlah memudahkan pengunjung dalam menikmati konten di situsmu.

Menyediakan Forum Di Website

Membuat forum di halaman website kalian juga bisa menaikkan skor Page Authority, lho.

Jika kalian memperhatikan, kebanyak situs –situ populer pasti memiliki forum tanya jawab yang bisa menampung semua pertanyaan pengunjung. Forum ini dapat meningkatkan kredibilitas suatu situs.

Mengapa demikian? Misalnya begini. Admin atau pemilik website bermaksud ingin menjawab pertanyaan dari salah satu pengunjung. Jawaban yang ia berikan berupa penjelasan singkat disertai backlink ke artikel seputar topic yang user tersebut tanyakan. Nah, nantinya disebut web crawler akan mendatangkan traffic ke website tersebut supaya orang-orang bisa mendapatkan jawaban terpercaya seputar topik tertentu.

Buat Kategori yang Jelas

Cara terakhir yang bisa kalian terapkan untuk menaikkan skor Page Authority ialah dengan membuat kategori yang jelas. Kelompokkan atau ketogorikan setiap konten yang kalian buat sesuai dengan tema atau topik.

Hal ini berguna untuk memudahkan user dalam mencari informasi. Jadi, mereka tidak usah mengetik satu per satu di kolom search. Cukup membuka kategori tertentu, kemudian tinggal mencari topik yang ingin dibaca.

 

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Page Authority. Setelah mengetahui manfaat page authority, artinya, serta cara meningkatkannya, kini waktunya kalian untuk mencoba dan menerapkannya.

Tetap ingat, ya, PA bukanlah penentu kualitas suatu halaman website, melainkan untuk untuk memprediksi posisi di SERP.

Jika kalian ingin tahu lebih dalam mengenai PA, bisa coba ikuti program dari Campus Digital. Tak hanya tentang PA, kalian juga bisa belajar banyak hal mengenai dunia digital.

 

Hubungi Kami