Ersa Ely Megawati

Publisher

1 tahun yang lalu


Peluang Karir Digital Marketing

1 tahun yang lalu - By Ersa Ely Megawati

Kini hampir setiap aktivitas yang kita lakukan, tidak lepas dari adanya dukungan dari teknologi digital. Mulai dari belanja, hiburan, belajar, dan bekerja juga, hampir semua hal dapat kita lakukan secara online. Maka dari itu, kebutuhan perusahaan untuk melakukan pemasaran produk secara online juga semakin meningkat. Hal tersebut membuka peluang karir digital marketing semakin melebar.

Digital marketing menurut Neil Patel, merupakan aktivitas menjual produk dan layanan melalui saluran atau kanal-kanal, seperi media sosial, SEO, email, dan aplikasi seluler. Digital marketing memanfaatkan penggunaan media digital untuk memasarkan produk dan layanan dan menjangkau konsumennya. Teknik pemasaran ini melibatkan penggunaan situs web, perangkat seluler, media sosial, mesin pencari, dan lainnya.

Pada dasarnya, digital marketing tidak jauh berbeda dengan teknik pemasaran tradisional. Membedakan dari kedua teknik ini, hanyalah media atau tempat pemasarannya.

Baca : Pelatihan Digital Marketing

5 Peluang Karir Digital Marketing 2023

1. Content Strategist

Content strategist tidak hanya bertanggung jawab pada pembuatan konten, melainkan juga menentukan strategi kampanye. Tentunya strategi ini yang sejalan dengan tujuan bisnis perusahaan dan kebutuhan konsumennya.

Content strategist akan menyusun rencana pembagian konten, kampanye untuk mencapai target, serta melakukan promosi melalui berbagai media sosial. Posisi ini juga akan melaksanakan analisa untuk meningkatkan traffic situs web dan media sosial dengan memakai kemampuan SEO.

2. Social Media Specialist

Profesi ini bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan pemasaran yang di lakukan melalui media sosial. Bila ingin menjadi seorang social media manager, Anda perlu memahami hal-hal yang berkaitan dengan copywriting, design, community engagement, analytics, dan budgeting secara mendalam.

3. SEO/SEM Specialist

SEO specialist bertanggung jawab mengoptimalkan traffic situs perusahaan dan meningkatkan peringkatnya di halaman hasil mesin penelusur (Search Engine Results Page atau SERP), seperti Google. Profesi ini juga tidak hanya mengetahui cara pembuatan konten, melainkan juga memahami algoritma mesin penelusur, mengetahui bahasa pemrogaman, sistem operasi, dan berbagai hal teknis terkait.

SEO merupakan bagian dari Search Engine Marketing (SEM). SEO bertugas memaksimalkan traffic web secara organik, sedangkan SEM berfungsi memasarkan situs melalui iklan.

4. Content Writer/Copy Writer

Profesi ini bertugas menghasilkan konten tertulis untuk berbagai konten pemasaran. Seperti media sosial, iklan digital, artikel website, blog, dan email pemasaran, sesuai dengan gaya penulisan dan tone perusahaan.

Penulis juga menganalisis target audiens untuk setiap kampanye marketing. Selanjutnya, mengidentifikasi jenis konten yang menarik, memberi informasi, wawasan, dan pada akhirnya memasarkan pesan perusahaan atau produknya.

Content writer dan copy writer memiliki tugas yang tidak jauh berbeda. Umumnya Content writer bertugas untuk membuat konten artikel dalam bentuk panjang. Seperti artikel web dan blog. Sedangkan copywriter bertugas untuk membuat kampanye iklan dan konten pada sosial media.

5. Web/Mobile Developer

Profesi berikutnya yang cocok untuk generasi muda yang memiliki pengalaman kerja digital marketing dalam membangun sebuah website yaitu bekerja sebagai web atau mobile developer. Untuk profesi ini, Anda perlu memahami ilmu dan menguasai skill bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, JavaScript, JQuery, dan sebagainya. 

Itu dia 5 peluang karir digital marketing. Bila Anda ingin menambah wawasan dan skill di bidang digital marketing, yuk segera gabung bersama kami di Campus Digital

Hubungi Kami