Tim Magang Upgris

Kontributor

6 bulan yang lalu


#pelanggan # emailmarketing

Pemasaran Email: Membangun Hubungan yang Kuat dengan Pelanggan

6 bulan yang lalu - By Tim Magang Upgris

Apa sih email marketing itu?

Email marketing adalah salah satu bentuk digital marketing yang memanfaatkan media email untuk mempromosikan produk atau layanan bisnis. Email marketing membantu pelanggan bisnis mendapatkan informasi tentang produk atau penawaran terbaru. Ini memungkinkan mereka tertarik untuk membeli produk terbaru dengan diskon khusus.

Membangun hubungan baik dengan konsumen bisa terus dilakukan untuk mengembangkan bisnis ke arah yang lebih baik. Mengelola hubungan yang baik antara bisnis dan konsumen dapat dilakukan melalui beberapa cara, misalnya customer service, media social, dan aktivitas marketing lainnya. Hal ini bertujuan untuk membangun hubungan yang berkelanjutan dan menguntungkan dengan konsumen, seperti proses bersosialisasi pada kehidupan sehari-hari sehingga hubungan yang baik tersebut akan menghasilkan keakraban.

Strategi Membangun Hubungan yang Kuat dengan Pelanggan melalui Pemasaran Email

Strategi membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan melalui pemasaran email terdiri dari:

  1. Segmentasi pelanggan
  2. Personalisasi konten email
  3. Membangun kepercayaan


Kenapa sih perlu melakukan segmentasi pelanggan untuk membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan melalui pemasaran email?

  1. Membangun loyalitas pelanggan dengan konten yang dipersonalisasi
  2. Memahami segmen pelanggan mana yang memberikan nilai paling besar
  3. Menawarkan solusi yang sangat relevan

dan masih banyak lagi.

Sebelum itu, perlu kita ketahui bagaimana kriteria dari segmentasi pelanggan itu sendiri. Kriteria segmentasi pelanggan terdiri dari:

  1. Segmentasi demografis
  2. Segmentasi geografis
  3. Segmentasi psikografis
  4. Segmentasi perilaku
  5. Segmentasi teknografis


Namun, tantangan dan peluang di masa depan untuk pemasaran email sangat bervariasi tergantung pada perkembangan teknologi, regulasi, dan preferensi konsumen. Oleh karena itu, sangat diperlukan untuk mengetahui strategi-strategi pemasaran email yang efektif untuk membangun hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan keterlibatan. 

Bagaimana caranya?

Kalian bisa mengunduh ebook secara lengkapnya melalui link berikut ini.

DOWNLOAD

Hubungi Kami