Sari Wardhatul Jannah

Kontributor

2 tahun yang lalu


#takberkategori #LMS

Penerapan Instructor-Led Training dalam LMS

2 tahun yang lalu - By Sari Wardhatul Jannah

Penerapan Instructor-Led Training dalam LMS - Dalam sistem pembelajaran tradisional, pembelajaran berpusat pada instruktur. Instruktur memiliki tanggung jawab penuh mengontrol materi pembelajaran. Mirisnya sebagian besar peserta tidak memiliki kesempatan untuk mendengarkan ulang penjelasan instuktur. Dengan memadukan penggunaan e-Learning membuat peserta dapat mengontrol kegiatan training dengan mudah dan fleksibel. Oleh karena itu perlu memahami penerapan Instructor-Led Training dalam LMS

Instructor-Led Training

ILT merupakan penerapan pelatihan dengan menghadirkan instruktur secara real-time. Penyampaian materi dengan instruktur membantu pelajar lebih memahami materi secara lebih rinci. Berbagai metode penyampaian ILT seperti webinar, forum, dan lainnya.

Manfaat Instructor-Led Training

Beberapa manfaat ILT :

1. Instruktur dapat menyesuaikan pendekatan pelatihan berdasarkan peserta

2. Instruktur mendapatkan umpan balik secara real-time

3. Memudahkan materi pembelajaran yang memerlukan instruksi atau demo langsung

4. Peserta dapat mengajukan pertanyaan langsung

 

Mengapa Harus Menggunakan LMS?

ILT merupakan pelatihan yang sangat efektif tetapi cenderung membutuhkan biaya yang mahal. Biaya kebutuhan menyewa fasilitas, menyewa instuktur, akomodasi dan lainnya tentu akan menambah budget bagi organisasi.

 1. Pelatihan Menjadi Fleksibel

Dengan menggunakan LMS pelatihan tersedia secara online dan dapat diakses peserta dilokasi yang berbeda. Hal ini tentu menjadikan pelatihan lebih fleksibel

2. Mudah Menjangkau Peserta

Dengan waktu pelatihan yang fleksibel tentu akan meningkatkan kehadiran peserta. Selain itu Anda juga dapat meningkatkan kehadiran peserta melalui pemberitahuan pengingat otomatis, tampilan kalendar dan sebagainya.

3. Memperluas Pembelajaran

Selain itu peserta juga dapat memperluas pembelajaran dengan berbagai materi pelatihan seperti slide, video ataupun kuis untuk meningkatkan pengetahuan mereka.

Penerapan LMS dalam ILT

Pengoptimalan penerapan LMS dalam ILT memudahkan untuk mengelola, menjadwalkan dan memantau pelatihan. Beberapa pengoptimalam LMS dalam ILT :

1. Online Course

Pembuatan online course untuk menyampaikan sesi ILT dapat memudahkan peserta dari seluruh dunia berhadir. Pelatihan sebelumnya juga tersedia kapan saja dan dapat diakses kapan saja.

2. Auto Enrollment

Dengan bantuan LMS juga memastikan peserta mendapatkan kursus yang relevan dengan pendaftaran otomatis.

3. Reporting

LMS juga memudahkan dalam melakukan pelaporan hasil training peserta. Anda akan lebih mudah mengelola pelaporan mengirimkan hasil nya ke peserta.

4. Assessments

LMS memungkinkan Anda membuat dan mengotomatiskan kuis sehingga memudahkan dalam menyusun hasil laporan training.

5. Automated Reminder

Anda dapat mengatur pengingat email tentang sesi ILT yang akan datang dan tenggat waktu pelatihan. Hal ini berguna untuk memastikan peserta mengetahui kursus yang perlu diselesaikan.

Kunjungi dan daftar ke Campusdigital


Hubungi Kami