Sari Wardhatul Jannah

Kontributor

2 tahun yang lalu


#takberkategori #e-learning

Pengembangan Pelajar Dengan e-Learning

2 tahun yang lalu - By Sari Wardhatul Jannah

Pengembangan pelajar dengan e-Learning - Pengembangan dunia digital membawa keuntungan besar bagi berbagai sektor salah satunya pendidikan. Misalnya pada pengembangan proses pembelajaran, khususnya menggunakan e-Learning. Menggunakan e-Learning mampu meningkatkan kualitas pelajar dan tentu meningkatkan kualitas pendidikan itu sendiri. Untuk mendukung kemajuan bangsa kita harus mengoptimalkan pengembangan setiap pelajar. Berikut ulasan pengembangan pelajar dengan e-Learning.

Meningkatkan Minat Belajar

Dalam proses pengembangan pelajar harus mampu meningkatkan minat belajar setiap pelajar. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan kebebasan para pelajar meningkatkan minat belajar sesuai dengan kemauannya. Masalahnya saat ini dalam metode tradisional setiap pelajar akan mendapatkan pelajaran yang sama dan tidak ada pengulangan materi. Oleh karena itu dengan menggunakan e-Learning dapat memberikan kebebasan melalui personalisasi untuk mengikuti pelajaran.

Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Salah satu tujuan pengembangan pelajar adalah meningkatkan kualitas pendidikan. Hal ini dapat tercapai seiring dengan meningkatnya kemampuan setiap pelajar. Mengoptimalkan kemampuan setiap pelajar memang bukanlah hal yang mudah. Karena sering terjadi tidak meratanya kualitas pendidikan yang didapatkan. Oleh karena itu dengan pengembangan belajar menggunakan e-Learning menjadi salah satu solusi yang dapat dipertimbangkan.

Memberikan Peran kepada Pelajar

Penggunaan sistem e-Learning menjadi solusi yang cukup optimal pada program pengembangan pelajar. Setiap pelajar memiliki hak dan kesempatan yang sama dalam memahami suatu materi. Selain itu mereka juga dapat mengatur proses pembelajaran secara mandiri dan juga dapat mengulang setaip proses pembelajaran secara fleksibel.

Akan tetapi kenyataannya, masih banyak penggunaan e-Learning yang belum optimal dan bahkan belum layak penerapannya dalam sistem pembelajaran di Indonesia. Padahal hal ini dapat kita optimalkan dengan memastikan program pendidikan pengembangan e-learning sesuai dengan metode pembelajaran tradisional. Selain itu setiap pengajar juga harus mampu menyiapkan dan mengembangkan inovasi belajar dalam berbagai metode pembelajaran.

Menggunakan sistem e-Learning juga membantu kita dalam menyiapkan pelajar untuk dapat bersaing dengan kompetitor. Seperti yang kita tahu perkembangan teknologi dapat berubah dalam waktu yang sangat singkat. Jika para pengajar tertinggal maka para pelajar juga akan tertinggal.

Baca juga : Mempersonalisasi Pembelajaran Kelas Online

Kunjungi dan daftar ke Campusdigital

Hubungi Kami