Ersa Ely Megawati

Publisher

1 tahun yang lalu


Pengertian dan Manfaat Belanja Online

1 tahun yang lalu - By Ersa Ely Megawati

Pengertian dan Manfaat Belanja Online - Aktivitas Online shopping setiap orang memiliki makna yang berbeda. Lantas, bagaimana pengertian belanja online menurut ahli dan manfaatnya? Sebab pada sisi lain, aktivitas seperti ini pasti menimbulkan dampak bagi setiap pelakunya.

Di Indonesia sendiri, minat belanja secara daring telah menjadi kebiasaan yang sulit terpisahkan dengan aktivitas sehari-hari.

Belanja online mampu menjadi solusi bagi mereka yang ingin menghemat waktu, biaya, bahkan ingin mencari pemasukan tambahan.

Mengapa bisa begitu? Yuk simak pembahasannya hingga tuntas di artikel berikut

Baca Juga : Apa itu SEO? Bagaimana Manfaat untuk Bisnis?

Definisi dan Pengertian Belanja Online

Belanja online (online shopping) yaitu proses konsumen secara langsung membeli barang-barang, jasa, dan lain-lain dari seorang penjual secara interaktif dan real time dengan suatu media perantara melalui internet.

Dari pengertian tersebut, dapat di simpulkan bahwa online shopping di lakukan antara pembeli dan penjual tanpa bertemu langsung. Keduanya sama-sama melakukan aktivitas jual beli dengan memanfaatkan akses internet.

Para pelaku ekonomi di Indonesia biasa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk belanja online seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan lainnya dalam bertransaksi serta menemukan barang pilihannya.

Kemudian, apa sih manfaat dari berbelanja secara online bagi konsumen?

Manfaat Belanja Online bagi Konsumen

1. Hemat Waktu

Tujuan utama dari belanja online pada yaitu untuk efisiensi waktu, sebab konsumen tidak perlu mendatangi toko atau pusat perbelanjaan untuk membeli barang.

Apalagi pada waktu terjadinya pandemi covid-19, kebiasaan tersebut mulai di alihkan melalui internet demi menjaga keamanan dan kesehatan bersama.

Penghematan waktu juga memengaruhi pengeluaran rutin untuk biaya transportasi yang di gunakan untuk pergi ke toko atau pusat perbelanjaan

2. Mengurangi Pengeluaran Bulanan

Seseorang mungkin bisa saja mendapatkan baju dengan brand, desain, corak, dan warna yang sama di mall dengan di e-commerce.

Namun siapa yang sangka bila harga keduanya dapat mencapai selisih 3 hingga 4 kali lipat. Baju yang di beli melalui marketplace harganya lebih murah. Penyebabnya yaitu tidak adanya pajak, pelayanan, dan biaya tenaga kerja.

Harga baju di mall bisa saja jauh lebih mahl daripada di online shop karena pemilik harus membayar biaya sewa, tenaga kerja, serta pelayanan dan perawatan.

Maka dari itu, konsumen lebih menyukai belanja produk terlaris di marketplace karena mampu mengurangi pengeluaran mereka tiap bulannya.

3. Mengumpulkan Cashback

Layanan marketplace yang paling konsumen sukai di antaranya yaitu,

  • Bebas biaya ongkir
  • Promo toko
  • Cashback hingga jutaan rupiah
  • Belanja sampai 0 rupiah
  • Seperti misalnya Shopee yang memberikan konsumen bonus berupa voucher ShopeePay agar dapat memperoleh cashback dan harga lebih murah.

Cashback yang terkumpul bisa di manfaatkan untuk memotong jumlah barang yang di-checkout, sehingga sangat menguntungkan dari sisi finansial.

4. Menjadi Penghasilan Sampingan

Wah, gimana nih maksudnya? Shopee, Tokopedia, dan Blibli menyediakan program affiliate marketing bagi pengguna yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

Hanya dengan menyebarkan link produk, maka seseorang bisa mendapatkan benefit dari pembeli yang checkout produk melalui tautan tersebut.

Maka dari itu pengertian belanja online pun kini di definisikan lebih luas dari sebelumnya.

Demikian pembahasan mengenai pengertian dan manfaat dari belanja online. Kalau kamu ingin belajar lebih dalam mengenai berjualan produk di marketplace, yuk ikuti kelas pelatihannya di campus digital.

Hubungi Kami