Alizha Alkhanza

Kontributor

2 tahun yang lalu


#audienceinsight #facebook #sosial media

Penggunaan Audience Insight pada Facebook!

2 tahun yang lalu - By Alizha Alkhanza

Tahukah kamu bahwa Facebook menyediakan Audience Insight?

Di dalam artikel ini, kami akan membahas serta mengulas cara menggali audience insight dari media Facebook. Khususnya pada brand yang ingin menjangkau para segmen papan atas dan konsumen premium. Namun, sebelum itu, kami akan menjelaskan tentang Facebook Audience Insight terlebih dahulu dan kemudian untuk cara-caranya akan kami paparkan di artikel ini.

Gambaran Facebook Audience Insight Tools

Facebook Audience Insight

Melalui Facebook Audience Insight, kita akan mendapatkan suatu informasi tentang 2 (dua) kelompok audiens. Pertama adalah orang-orang yang terhubung dengan Facebook halaman kita. Kedua adalah seluruh orang yang ada pada Facebook. Data telah menunjukkan, bahwa di Indonesia terdapat sekitar 150 juta pengguna yang setidaknya aktif dalam waktu satu bulan sekali (monthly active users). Jumlah tersebut hampir mencapai seluruh pengguna internet di Tanah Air.

Terdapat beberapa filter yang dapat kita gunakan untuk mendapatkan insights mengenai audiens tertentu. Filter itu akan mengikuti cara-cara pemasaran dalam melakukan segmentasi pasar. Selain memilah dengan cara demografi, kita juga dapat memilah berdasarkan behavior (perilaku) audiens dan psikografi. Di bawah ini, terdapat beberapa filter yang dapat menarik kita untuk bereksplorasi:

1. Parents

Orang tua dengan anak pada usia tertentu. Misalnya, umur bayi hingga 12 bulan, sampai orang tua dengan anak remaja dan anak yang mulai beranjak dewasa (usia 18-26 tahun).

2. Life Events

Orang yang sedang mengalami peristiwa penting dalam kehidupannya, contohnya berulang tahun. Selain itu, terdapat juga data tentang orang-orang yang baru bekerja, jauh dari lingkungan keluarga, dan sedang menjalani LDR (berhubungan jarak jauh).

3. Relationship Status

Hal ini cukup jelas. Terdapat 15 juta pengguna yang memiliki usia 18 tahun ke atas yang telah terdeteksi oleh algoritma Facebook sebagai status single. 

Baca juga: Facebook Audience Insight untuk meriset audiens

Insights: Hal yang sangat penting dalam hidup audiens.

Dari Facebook Audience Insights, kita dapat menggali insights mengenai hal-hal apa saja yang dirasakan penting bagi target audiens kita. Caranya adalah dengan melihat kategori halaman apa saja yang diikuti dan disukai oleh target audiens kita dalam top categories. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan insights melalui macam-macam jenama yang paling disukai. Hal tersebut dapat disekaliguskan dengan seberapa kuat ketertarikan (affinity) dibandingkan dengan keseluruhan audiens di Facebook.

Cara dan Pendekatan Berkomunikasi

Agar kita mengetahui bagaimana cara target audiens kita berkomunikasi, seperti gaya bahasa dan elemen visual yang menarik. Maka, kita bisa mendapatkannya dengan mengintip beberapa halaman yang mereka ikuti.

Sebenarnya, banyak sekali insights lain yang bisa kita dapatkan dari pengamatan pada halaman Facebook ini dan daftar tersebut yang kita lihat saat ini belum tentu sama dengan apa yang akan kita temukan di bulan depan.Yuk , daftar sekarang di Campus Digital

Hubungi Kami