Sari Wardhatul Jannah

Kontributor

11 bulan yang lalu


# marketplace #wabsite

Penggunaan Video dalam e-Learning, efektifkah?

11 bulan yang lalu - By Sari Wardhatul Jannah

Penggunaan Video dalam e-Learning, efektifkah? 

Di era serba digital, pembelajaran menggunakan buku teks dan buku tulis perlahan mulai menghilang. Kini semakin banyak metode yang berkembang membantu pembelajaran yang tentunya lebih efektif untuk memperoleh pengetahuan. Salah satunya pembelajaran dengan metode video learning. Pembelajaran dengan menggunakan video menjadi salah satu opsi yang menjadi trend masa kini. Tidak hanya sekadar trend tetapi hal ini juga memberikan kemudahan kepada para pelajar untuk lebih memahami materi. Karena umumnya manusia lebih mudah memahami dengan audio visual dari pada hanya sekadar teks.

Berikut ulasan penggunaan video dalam e-Learning, efektifkah?

Mudah Dimengerti

Dalam penggunaan metode video berarti menggabungkan dua elemen penting yaitu audio dan visual. Proses pembelajaran dengan metode audio visual lebih memudahkan dari pada hanya visual. Elemen audio dapat merangsang otak untuk dapat memahami informasi dengan lebih baik. Sehingga para pelajar lebih mudah memahami materi.

Dapat Dipersonalisasi

Hal yang menjadikan metode ini efektif adalah setiap pelajar dapat mengontrol kegiatan belajar secara mandiri. Metode video memiliki fitur-fitur yang dapat melakukan pause, rewind, forward dan juga repeat. Sehingga para peserta memiliki kendali penuh untuk mengatur pembelajaran secara mandiri.

Fleksibel

Tidak hanyak memberikan kendali penuh terhadap setiap pelajar, metode video juga mampu meningkatkan rasa nyaman saat belajar. Jika dulu segala kegiatan harus dilakukan langsung saat ini para pelajar memiliki kebebasan untuk menentukan dan mengatur sendiri lokasi terbaik yang mendukung proses pembelajaran.

Hemat Biaya

Pembelajaran dengan metode video dapat menghemat biaya tidak hanya bagi para penyelenggara tetapi juga para pelajar. Para pelajar tidak membutuhkan biaya transportasi untuk pergi ke sekolah. Dan untuk para institusi dapat menghemat biaya akomodasi dan tentu juga menghemat biaya untuk kebutuhan fasilitas.

Menjawab pertanyaan apakah efektif menggunaan e-Learning berbasis video?. Ya tentu saja, karena hanya dengan melakukan sekali perekaman materi konten ini dapat diputar ulang kapan saja bahkan dapat digunakan untuk generasi selanjutnya tanpa kehilangan konsistensi materi tersebut.

Kunjungi dan daftar ke Campusdigital


Hubungi Kami