Pendri Putra Permana

Publisher

1 tahun yang lalu


#jasa pembuatan website

Penjelasan Domain dan Hosting

1 tahun yang lalu - By Pendri Putra Permana

Anda pernah mendengar istilah domain dan hosting saat ingin membuat sebuah website. Namun, mungkin Anda masih bingung: Apa itu domain dan hosting? Ini Penjelasan Domain dan Hosting.

Baca Juga : Tujuan di lakukannya SEO OffPage


Apa Itu Domain?

Domain adalah alamat yang berfungsi mengantarkan pengunjung ke website yang di inginkan.

Awalnya, domain berbentuk kombinasi angka dan huruf yang sangat rumit yang menunjukkan alamat server hosting tempat file website di simpan. Sulit sekali di ingat oleh pengguna internet.

Nah, domain sendiri di bagi dalam tiga jenis, yaitu;

Top Level Domain

Second Level Domain

Third Level Domain


Penjelasan Hosting?

Hosting atau web hosting adalah server tempat di mana semua file website yang di simpan serta dapat di akses dan di kelola melalui internet. Mulai dari file gambar, video, script, dll.

Ibaratkan rumah, Anda seperti menyewa sebuah hunian yang bisa menyimpan semua perabot Anda.

Nah, server hosting itu tidak berdiri sendiri. Server tersebut di kelola dan di simpan dalam data center. Hal itu supaya server hosting aman dan dapat bekerja secara optimal.


Cara Kerja Domain dan Hosting

Sudah mengetahui Penjelasan domain dan hosting? Mereka adalah dua hal yang berbeda. Cara kerja keduanya pun saling melengkapi.

Domain sebagai alamat yang menuju suatu rumah dan rumah itu adalah hosting sehingga Anda tentu tidak bisa mengunjungi sebuah rumah tanpa adanya alamat.

Sama seperti website yang tidak dapat di akses tanpa mengetahui nama domainnya.

Cara kerja domain dan hosting dapat di rangkum dalam tahapan berikut:

File website di simpan di server hosting

Pengunjung mengetikkan nama domain di browser

Browser akan meminta server untuk mengirim file website ke browser

Server mengirimkan file website di browser

Pengunjung dapat mengakses website.


Kesimpulan

Demikian sekilas informasi tentang pengertian, cara kerja domain dan hosting. Bagi Anda yang masih bingung menentukan layanan web hosting yang akan di sewa sebaiknya melakukan survey terlebih dahulu. Dengan melihat riwayat layanan web hosting, testimoni pemakai, dan klien yang bekerjasama semoga dapat membantu Anda untuk memilih web hosting yang tepat.

Program pelatihan dan pembelajaran praktis membangun sistem informasi berbasis website agar Anda akan belajar tentang bagaimana merancang sistem informasi, mendesain dan membuat tampilan website yang interaktif dan menarik. Join Us !!!

Hubungi Kami