Elok Fajar Mardiana

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #wabsite

Pentingnya E-Learning di Era Digital

2 tahun yang lalu - By Elok Fajar Mardiana

Pentingnya E-Learning di Era Digital

Perkembangan teknologi diera digital saat ini telah mengalami kemajuan yang cukup pesat. Banyak orang yang telah memanfaatkan teknologi untuk mempermudah pekerjaan mereka. Tidak bisa kita pungkiri bahwa teknologi memiliki banyak manfaat dalam berbagai bidang kehidupan, khususnya pendidikan. Dalam dunia pendidikan, seringkali memanfaatkan teknologi pada proses kegiatan pembelajaran. Hal tersebut sering disebut dengan e-learning. Pentingnya e-learning dalam dunia pendidikan tidak bisa kita anggap sebagai hal sepele lagi.

Adapun pengertian dari e-learning sendiri merupakan suatu sistem pendidikan yang memanfaatkan teknologi sebagai pendukung proses belajar mengajar secara jarak jauh atau tanpa tatap muka. Selain itu, kini mulai muncul berbagai aplikasi maupun web e-learning yang memudahkan para siswa dan guru untuk belajar mengajar. Hal ini yang membuat e-learning memiliki banyak pengguna yang merasa puas akan pelayanannya. E-learning ini mempunyai berbagai manfaat salah satunya yaitu biaya yang lebih efisien dan memiliki akses yang mudah. Kalian bisa menggunakan e-learning dimana saja dan kapan saja serta tidak ada batasan dalam mengaksesnya. Tidak kalah penting, kita juga harus mengetahui macam-macam e-learning yang ada dikehidupan. Apa saja kah itu? yuk kita simak pembahasannya!!

LMS (Learning Management System)

Sistem e-learning ini merupakan sebuah pembelajaran yang mewadahi bagi guru dan siswa untuk berinteraksi pada proses belajar mengajar tanpa tatap muka. Selain itu LMS juga memiliki fasilitas penulisan materi, upload materi, penugasan, pembuatan bank soal, dan fasilitas menarik lainnya yang bergantung pada penyedia LMS sendiri.

CBT (Computer Based Training)

Jenis ini merupakan jenis yang paling awal dalam perkembangan e-learning. CBT merupakan media pembelajaran yang menggunakan CD-ROM berisi konten materi seperti tulisan maupun multimedia audio dan video, sehingga model ini hanya dapat berjalan satu arah saja. 

Aplikasi E-learning Berbasis Web

Setelah munculnya LMS semakin berkembangnya zaman mulai berubah menjadi aplikasi yang berbasis web. Aplikasi e-learning ini menghubungakan antara pengajar dan siswanya dalam proses pembelajaran. Selain itu aplikasi e-learning ini juga menyediakan fitur yang lebih menarik dengan perpaduan multimedia seperti video streaming dan penampilan yang interaktif.

Demikian ulasan mengenai pentingnya e-learning di era digital saat ini. Pembelajaran menggunakan teknologi semakin muddah dan memiliki banyak manfaat bagi penggunanya.\

Hubungi kami di Campusdigital

Hubungi Kami