Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Dosen

4 tahun yang lalu


#sdm #marketing

Pentingnya Manajemen SDM dalam Bisnis Startup

4 tahun yang lalu - By Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Salah satu aspek yang penting dalam menumbuhkan suatu bisnis apalagi startup yang sering dilupakan oleh para pelaku startup adalah manajemen sumber daya manusia. Banyak yang berpikiran bahwa manajemen sdm hanya dilakukan oleh perusahaan besar. Namun justru sejak awal menjalankan bisnis, sebuah startup harus melakukan manajemen sumber daya manusia dalam bisnisnya. Pentingnya manajemen sdm dalam bisnis startup bisa kita lihat sebagai berikut :

The right man in the right job, the right job in the right man.

Pepatah lama yang masih berlaku hingga saat ini sampai dengan masa nanti. Orang yang tepat untuk pekerjaan yang tepat, dan pekerjaan yang tepat untuk orang yang tepat. Maksudnya adalah bahwa segala bentuk pekerjaan entah apapun itu akan bisa berjalan dengan optimal bila dilakukan oleh orang yang ahli didalamnya. Begitu juga sebaliknya, bila pekerjaan itu diberikan kepada orang yang bukan menjadi ahlinya maka tinggal menunggu waktu saja hingga pekerjaan dan bisnis startup anda hancur begitu saja.

Disinilah peran vital dari manajemen SDM itu. Dengan melakukan manajemen SDM, anda dapat merekrut orang yang benar-benar kompeten didalamnya. Hal ini akan berdampak dengan keberjalanan startup anda menjadi lebih maksimal, karena dipenuhi tim yang berisi orang yang tepat bukan berdasarkan faktor kesukaan ataupun kedekatan kita. So, sejak awal memang manajemen SDM perlu dilakukan dalam memulai startup.

Baca juga Strategi Brand Advocacy Marketing

Meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja

Dalam tim startup, setiap individu memiliki tugas yang berbeda-beda satu sama lain. Agar berjalan sesuai dengan koridornya tentu anda tidak dapat membuat semuanya asal berjalan saja. Perlu dilakukan manajemen sumber daya manusia yang dimiliki. Dengan menempatkan orang sesuai dengan jobdesknya ditambah dengan mengelola sumber daya manusia yang dimiliki maka anda bisa meningkatkan efektifitas danefisiensi kerja setiap individu yang ada dalam startup bisnis anda.

Menciptakan suasana kerja yang nyaman

Data Linkedin yang dirilis pada 2018 menyebut sektor teknologi (software) memiliki tingkat pengunduran diri karyawan paling tinggi dibandingkan sektor lain, mencapai 13,2 persen, diikuti sektor ritel & produk konsumen 13 persen, lalu media & hiburan 11,4 persen. Sedikit banyak dipengaruhi oleh lingkungan kerja yang buruk, tekanan kerja yang tinggi belum ditambah dengan apresiasi kerja yang rendah. Hal ini efek tidak adanya manajemen sumber daya manusia yang baik. Oleh karena itu dengan adanya manajemen sumber daya manusia dalam bisnis startup diharapkan bisa membentuk lingkungan kerja yang baik. Sehingga karyawan yang bekerja dengan anda menjadi loyal dan bisa bekerja dengan baik.

Memudahkan menyelesaikan masalah internal startup

Tidak dapat dipungkiri hubungan kerja antar individu dalam bisnis apapun tidak hanya startup saja. Ketika terjadi masalah antar individu internal bisnis startup anda tentu harus diselesaikan. Dan peran manajemen SDM ini menjadi perantara dalam menyeelesaikan masalah tersebut.dengan manajemen SDM kita bisa mengetahui segala bentuk masalah yang terjadi di internal dan diharapkan bisa diselesaikan dengan cepat dan tepat agar tidak mengganggu kinerja bisnis startup anda.

Gabung bersama kami di Campus Digital

Hubungi Kami