Stephanie Aurelya

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #wabsite

Perbandingan SEO dan SEM, Mana Yang Lebih Baik?

2 tahun yang lalu - By Stephanie Aurelya

SEO vs SEM

Jika Anda tertarik dengan dunia marketing khusus nya digital marketing, mungkin anda tidak asing dengan kata SEO dan SEM. Apa itu digital marketing? Apa itu SEO dan SEM serta apa perbandingan dari SEO dan SEM?

Digital Marketing Di Era Modern

Di era modern saat ini, sudah banyak sekali teknik marketing untuk mengenalkan atau mengiklankan produk berupa barang atau jasa kita. Teknik marketing ada banyak jenisnya. Salah satu nya yang sedang tren saat ini yaitu digital marketing. Digital marketing adalah salah satu teknik marketing yang berbasis internet seperti sosial media, website, dan lain-lain. Dalam dunia digital marketing ada yang biasa disebut dengan SEO dan SEM.

Baca juga 3 Contoh Digital Marketing Yang Sukses 

Perbandingan SEO & SEM

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. SEO berfungsi untuk mengoptimalisasikan sebuah website, mulai dari konten, sistem, dan lain-lain. Hal ini bertujuan agar website kita sebisa mungkin menempati posisi yang tinggi di halaman utama mesin pencarian. Hal ini dapat dilakukan dengan mengatur kata kunci (keyword) yang sesuai. Kita harus bisa mengatur kata kunci yang tepat agar website kita semakin terjangkau.

SEO bersifat organik yang berarti traffic yang kita dapatkan selama mengelola website itu gratis alias free. Kekurangannya yaitu waktu yang kiat perlukan untuk mendatangkan traffic dari SEO cukup lama. Jika ingin mendatangkan traffic dalam waktu singkat, SEM solusi nya.

SEM adalah singkatan dari Search Engine Marketing. SEM sendiri cukup mirip dengan SEO, yaitu merupakan cara agar website kita bisa muncul di halaman utama mesin pencarian. Perbedaannya yaitu, dengan menggunakan SEM, kita harus membayar untuk pemasangan iklannya. Jenisnya bermacam-macam seperti pay per click (PPC), Google Ads, dan lain-lain.

Kesimpulan

SEM dapat mendatangkan traffic dalam waktu yang singkat karena adanya biaya yang dikenakan sedangkan SEO tidak dikenakan biaya sama sekali namun traffic yang datang sedikit lebih lama. Kita dapat memilih di antara keduanya sesuai dengan kebutuhan kita.

Lihat lebih banyak artikel yang tidak kalah menarik lain nya terkait dengan Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM) 

di Campus Digital

 

Hubungi Kami