Elok Fajar Mardiana

Kontributor

2 tahun yang lalu


#magang # magang kerja # Pelatihan Karyawan

Perbedaan Antara Magang dan Pelatihan, Sekilas Sama!!

2 tahun yang lalu - By Elok Fajar Mardiana

Di era globalisasi ini, untuk mendapatkan suatu pekerjaan memang bukanlah hal yang mudah. Banyak persaingan para calon pelamar kerja yang berasal dari berbagai pelosok daerah bahkan luar negeri. Disisi lain untuk mendapatkan pekerjaan yang baik seseorang harus memiliki kemampuan dasar baik secara teoritis maupun praktis. Jika anda bertanya bagaimana cara untuk mendapatkan kemampuan tersebut tapi sebelum bekerja?? Nah jawabannya adalah melalui magang dan pelatihan.

Pelatihan dan Magang merupakan program yang pada keduanya seseorang akan dapat memperoleh pengetahuan dengan pengalamannya. Namun tahukah anda jika magang dan pelatihan merupakan hal yang berbeda? Apa saja perbedaannnya? Mari kita simak pembahasannya. 

Pelatihan

Pelatihan merupakan program dimana peserta menerapkan pengetahuan teoretisnya dalam kehidupan secara praktis. Pada umumnya perusahan-perusahaan akan menyelenggarakan pelatihan ini untuk meningkatkan keterampilan, kompetensi, pengetahuan, serta kemampuan karyawan dalam melakukan pekerjaan tertentu. Adapun tujuan utama dari pelatihan adalah untuk membuat kinerja karyawan berubah menjadi lebih baik.

Biasanya program pelatihan ini dikhususkan pada calon karyawan ataupun karyawan yang ada disuatu organisasi untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas mereka. Dengan adanya program pelatihan ini suatu perusahaan mengharapkan dapat menegetahui apakah seseorang itu layak dalam bekerja lebih lanjut atau tidak. Dengan kata lain perusahaan tersebut akan menguji peserta pelatihan.

Magang

berbicara mengenai Magang ini merupakan salah satu jenis pelatihan pada perguruan tinggi atau lembaga yang mengadakan perjanjian dengan organisasi untuk memberikan pengetahuan praktis kepada siswa mereka. Selain lembaga pendidikan, ternyata perusahaan juga dapat mengadakan program magang untuk memberikan kesempatan kepada para calon pekerja sebagai sarana pelatihan meningkatkan pengetahuan, kepercayaan diri, dan keterampilan mereka. Adapun tujuan utama program magang ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada siswa mauoun calon pekerja dalam menerapkan pengetahuan teoretis mereka pada lingkungan kerja secara nyata dan mengetahui etika tempat kerja. Namun pada program magang ini peraturan dalam perusahaan tidak berlaku secara keseluruhan untuk pekerja magang. Jika melihat dari segi waktunya, magang mempunyai durasi yang lebih lama dari pelatihan perusahaan.

Demikian sekilas mengenai perbedaan magang dan pelatihan. Keduanya cukup penting bukan bagi kita dalam meningkatkan kemampuan teoritis dan praktis. Semoga bermanfaat!!


Let`s join di Campusdigital

Hubungi Kami