Alicia Diahwahyuningtyas

Kontributor

2 tahun yang lalu


#Campus Digital # digital marketing # internet marketing # Perbedaan Internet Marketing dan Digital Marketing

Perbedaan Internet Marketing dan Digital Marketing

2 tahun yang lalu - By Alicia Diahwahyuningtyas

Perbedaan Internet Marketing dan Digital Marketing mungkin bagi sebagian orang masih bingung, apa sih beda nya kedua jenis pemasaran tersebut. Kedua nya sama-sama melakukan pemasaran (marketing) melalui konten dengan menggunakan media internet seperti Email Marketing, Content Marketing, SEO, Search Engine Marketing (Google Ads, Sosial Media Marketing, dan Video seperti Youtube)

Keduanya sama-sama menggunakan media internet untuk melakukan pemasaran yang memang saat ini sangat efektif dan efisien membantu pekerjaan marketing. Walaupun keduanya merupakan bentuk pemasaran. Namun, sebenarnya kedua istilah tersebut memiliki sedikit perbedaan. Jika kamu penasaran, yuk simak penjelasannya berikut!

Ini Lho, Perbedaan Digital Marketing dan Internet Marketing

Internet Marketing

Internet marketing merupakan salah satu bentuk pemasaran yang cara kerjanya lebih fokus pada pemasaran. Targetnya adalah pengguna internet itu sendiri, jadi kamu harus terkoneksi dengan internet. Strategi yang bisa digunakan dalam bentuk pemasaran ini salah satu nya adalah dengan memaksimalkan kegiatan pemasaran di internet seperti memaksimalkan SEO, SEM, dan lainnya agar konten yang Anda pasarkan menarik perhatian audiens.

Digital Marketing

Sedangkan Digital marketing adalah bentuk pemasaran yang menggunakan teknologi digital sebagai tools pemasarannya, seperti internet. Fokus Digital marketing tidak hanya marketing menarik audiens, tetapi juga merancang strategi marketing bagaimana menarik perhatian audiens dari berbagai tools atau media, seperti sosial media, ebook. Terkadang digital marketing menggunakan strategi marketing, seperti menggunakan sosial media, endorsment, webinar untuk menarik awareness. Bisa menambahkan influencer marketing seperti selebgram dan artis untuk memasarkan produk Anda agar menarik audiens.

Beberapa bentuk pemasaran yang termasuk dalam digital marketing antara lain, seperti email marketing, content marketing, SEO, pay-per-click, billboardelektronik, hingga iklan televisi. Digital marketingtidak hanya tentang pemasaran melalui media internet, tetapi juga platform digital seperti televisi.

Jadi, internet marketing merupakan bagian dari digital marketingTapi, tidak semua yang bentuk digital marketing merupakan bagian dari internet marketingseperti dikutip dari WebFX. Sejauh ini, tidak ada perbedaan yang signifikan di antara kedua jenis pemasaran tersebut.

Lalu jenis marketing mana yang lebih efektif ? Semua nya kembali lagi tergantung pada model bisnis dan tujuan marketingyang ingin bisnis kamu capai. Kamu dapat memilih bentuk marketingyang cocok yang sesuai dengan tujuan bisnismu.

bisa lihat juga di website Campusdigital

Hubungi Kami