Kariena Andiniyar

Kontributor

2 tahun yang lalu


#perbedaan menabung #seo #investasi

Perbedaan Menabung dan Investasi: Untung Mana?

2 tahun yang lalu - By Kariena Andiniyar

Perbedaan Menabung dan Investasi

- Kira-kira menabung vs investasi lebih untung mana ya? Sebelum itu, kamu harus paham untuk apa uang yang kamu sisih kan itu, apakah untuk jangka pendek, seperti membeli gadget? atau untuk jangka panjang? Yuk, kita bahas!

Pertama, pastikan tujuanmu dalam menyimpan uang. Kamu harus tahu untuk apa uang itu dan berapa lama uang itu disimpan agar mencapai tujuan tersebut. Yap! selain itu juga, kamu harus tau perbedaan menabung dan investasi terlebih dahulu.

Menabung Vs Investasi

Jika kamu menyisihkan sebagian uangmu untuk menabung, uang itu tidak akan menghasilkan apa pun. Dalam arti lain, uang itu sama sekali tidak bertambah atau meskipun bertambah karena besaran bunga per tahun, penambahannya pun tidak lebih tinggi dari inflasi per tahun.

Sementara investasi, uang yang kamu simpan bisa bertambah sesuai dengan kenaikan instrumen investasi tersebut dan biasanya penambahannya pun lebih tinggi atau mengimbangi laju inflasi per tahun.

Berikut adalah perbedaan menabung dan investasi:

Berdasarkan dari Tujuan

Menabung bertujuan untuk memenuhi kebutuhan finansial jangka pendek, seperti rencana dalam waktu kurang dari 2 tahun atau bahkan untuk kebutuhan dana darurat.

Sedangkan investasi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan finansial jangka panjang, seperti dana pensiun, dana rencana pembelian rumah dalam jangka waktu 10 tahun ke depan, dan dana jangka panjang lainnya. Jangka panjang ini terhitung lebih dari lima tahun ya!

Berdasarkan dari Tingkat Risiko

Menabung memiliki risiko yang kecil, sesuai dengan return bunga yang dihasilkannya (jika kamu menabung di Bank). Hal ini sesuai dengan konsep 'low return, low risk'.

Sedangkan investasi memiliki risiko yang besar. Sesuai dengan istilahnya “high risk, high return. Maka dari itu kamu harus paham betul mengenai investasi terlebih dahulu. Namun, jika kamu ingin berinvestasi tapi memiliki kendala dalam pemahaman investasi, kamu bisa memulainya dengan mencoba reksa dana pasar uang. Di sana kamu bisa berinvestasi dengan jaminan kenaikan setiap tahunnya.

Berdasarkan dari Bentuk dan Produk

Menabung itu bentuknya adalah tabungan saja. Tidak ada variasi sama sekali. Sedangkan investasi memiliki banyak bentuk dan produk seperti real asset (emas, properti, dll) dan paper asset (saham, reksa dana, obligasi, dll)

Nah, itu dia perbedaan dari menabung dan investasi. Selanjutnya, mari kita bahas kekurangan dan kelebihan dari keduanya.

Kelebihan dan Kekurangan Menabung

Pertama, kelebihan menabung sebagai berikut:

  • Lebih praktis dan sederhana, kamu tidak perlu memiliki pemahaman yang mendalam dan rumit.
  • Adanya jaminan keamanan dari Bank
  • Mudah diambil jika dalam kebutuhan mendesak
  • Dilindungi oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan)
  • Transaksi bisa dilakukan di mana saja

Kemudian, kekurangan menabung sebagai berikut:

  • Nilai uang yang tersimpan bisa termakan oleh inflasi
  • Limit transaksi yang terbatas setiap harinya


Kelebihan dan Kekurangan Investasi

Pembahasan selanjutnya, kelebihan investasi sebagai berikut:

  • Menguntungkan untuk jangka panjang karena bisa menyeimbangi laju inflasi
  • Keuntungan investasi relatif tinggi daripada menabung
  • Dikelola oleh pihak profesional dan memiliki legalitas yang jelas.

Lalu, kekurangan investasi sebagai berikut:

  • Risiko investasi lebih tinggi daripada menabung
  • Tidak ada lembaga yang menjamin seperti LPS, sebagian besar dari investasi adalah tanggung jawab investor sendiri.
  • Tidak dapat digunakan untuk kepentingan mendadak. Investasi membutuhkan waktu pencairan yang lama. Rata-rata pencairan investasi membutuhkan waktu 2-3 hari kerja

Kesimpulannya adalah baik menabung maupun investasi, keduanya sangat diperlukan. Sebelum memutuskan untuk memilih salah satunya, pastikan terlebih dahulu tujuan finansialmu karena pada dasarnya pengelolaan keuangan bergantung pada tujuanmu sendiri. Namun, sebaiknya kamu menyisihkan uangmu untuk melakukan keduanya ya! sekarang ini sudah banyak investasi mulai dari Rp 10.000,00.

Kunjungi dan daftar ke Campusdigital


Hubungi Kami