Nadia Azizah

Kontributor

2 tahun yang lalu


#sosial media

Perkembangan Aplikasi Untuk Industri Kerajinan

2 tahun yang lalu - By Nadia Azizah

Perkembangan industri kerajianan dewasa ini sudah semakin luas dan mulai beragam. Kekayaan alam Indonesai yang sangat melimpah membuat bahan baku tersedia banyak. Industri kerajianan yang ada di Indonesia juga beragam. Selain bahan baku, keterampilan manusia mendukung industri kerajinan berkembang pesat di Indonesia. Hasil dari kerajinan ini juga telah menembus pasar internasional, yang artinya produk dalam negeri memiliki daya saing yang tinggi. Dengan potensi yang besar ini, bisa menjadi salah satu sumber pendapatan devisa negara. Sehingga pemerintah harus bisa ikut andil dalam mengembangkan industri industri yang ada.

Industri kerajianan adalah usaha untuk mengubah bahan yang masih mentah menjadi produk baru yang memiliki fungsi pakai serta fungsi hias. Fungsi pakai adalah barang kerajinan bisa digunakan untuk membantu pekerjaan sehari hari. Dan untuk fungsi hias barang dari hasil kerajinan memiliki sisi estetika dan keindahan.

Dalam industri kerajinan banyak sekali jenis jenisnya, berikut adalah contohnya :

1. Industri kerajinan tanah liat

Merupakan industri yang jumlahnya sangat banyak. Bahan baku yang tersedia banyak dan kemudahan mengolah bahan baku membuat industri kerajinan ini berkembang dimana mana. Salah satunya adalah sentra industri kerajinan gerabah di Kasongan, Yogyakarta. Produk yang dihasilkan adalah keamik, pot bunga, teko dan lain lain.

2. Industri kerajinan kayu/ bambu

Banyaknya jenis kayu di Indonesia membuat para pengrajin mulai melirik bahan ini untuk dijadikan produk kerajinan. Biasanya para pengrajin menggunakan kayu jati, mahoni, pinus dan lain lain untuk membuat sebuah produk. Adapun contoh barangnya adalah furnitur, ukiran, patung dan lain lain.

3. Industri kerajinan logam

Logam merupakan bahan yang tidak mudah lapuk, tahan lama, tidak mudah rusak dan pecah. Maka dari itu banyak pengrajin yang memilih logam sebagai bahan bakunya. Logam juga memiliki tekstur yang kokoh, antikarat serta mengkilap sehingga harga jualnya sangat mahal. Hasil kerajinan logam seperti patung, pajangan, ukiran dan lain lain.

Dan masih banyak industri kerajinan selain industri diatas. Para pengarjin biasanya memasarkan produknya dengan membuka toko agar pembeli bisa langsung memilihnya. Namun perkembangan teknologi menyarankan pemilik toko kerajinan untuk membuka tokonya secara online. Banyak aplikasi aplikasi online shop yang kini lebih banyak penggunanya. Dengan memiliki aplikasi sendiri sangat berguna bagi pelanggan maupun bagi perkembangan industri kerajinan itu sendiri. Pembuatan aplikasi khusus untuk industri kerajinan juga bisa meningkatkan penjualan produk. Melihat peluang tersebut baiknya segera untuk mencari perusahaan yang bisa membuatkan aplikasi khusus, seperti :

1. Pembuatan Aplikasi untuk pengguna Hp

Hal ini bertujuan agar pembeli bisa melihat produk produknya melalui handphone mereka. Selain itu pembuatan aplikasi ini juga bertujuan sebagai sarana informasi produk kerajinan.

2. Pembuatan Website

Sama halnya dengan aplikasi, pembuatan website berguna bagi perkembangan industri kerajinan sebagai media informasi bagi pembeli akan produk perusahaan yang ada. Informasi yang diberikan juga bisa lebih lengkap daripada informasi di aplikasi handphone.

Kunjungi dan daftar ke Campusdigital


Hubungi Kami