Alizha Alkhanza

Kontributor

2 tahun yang lalu


#network #google

Persaingan Antara Audience Network dengan Google?

2 tahun yang lalu - By Alizha Alkhanza

Bicara mengenai adsense, pada umumnya itu adalah milik Google yang paling banyak orang ketahui, maka dari itu artikel ini akan membahas Audience Network dan Instan Article. Namun rupanya, Facebook juga memiliki layanan yang hampir sama dengan Google, yaitu iklan untuk penulis blog atau publisher.

Nah, iklan itu bernama Audience Network milik Facebook yang baru-baru ini telah banyak masyarakat bincangkan di dunia blogger, berbeda den. Salah satu yang menyebabkan hal ini menjadi tren, menurut para ahli dunia marketing karena suatu kebijakan baru untuk mengaktif iklan di platform YouTube.

Hal tersebut telah menyebabkan, banyak dari pemain YouTube menjadi beralih ke berbagai jenis online marketing yang salah satunya, yaitu blog. Pada saat itu, timbul juga saran dari para blogger untuk memanfaatkan layanan Facebook ini.

Sebenarnya, selain karena penyebab yang ada di atas, terdapat faktor lainnya, yaitu fitur milik Facebook yang bernama Instan Article. Instan Article dan Audience Network merupakan dua fitur yang sangat berkaitan.

Baca juga: Facebook Audience Network, Alternatif Google Adsense

Lalu, Seperti Apa Instant Article?

Instan Article layaknya suatu fitur bernama AMP di dalam template blog. Layanannya untuk membuka konten secara cepat hingga 10 kali lipat dan dapat diakses melalui aplikasi Facebook di mobile atau telepon genggam. Jika AMP hanya secara keseluruhan blog, maka Instan Article hanya pada artikel yang diubah.

Ke Depannya, Apakah Audience Network Ini Akan Ramai Masyarakat Gunakan?

Apabila Anda lihat sekitar, media-media ternama yang seperti Instan Article telah banyak menggunakannya untuk memasang Ads. Bahkan, Audience Network ini dapat bersaing dengan iklan yang Google miliki. Karena, pengguna media sosial Facebook semakin meningkat tiap tahunnya. Tingkat kebutuhan pengunjung pun dalam mengakses suatu konten juga harus cepat serta tidak memakan banyak data internet.

Persaingan Audience Network Persaingan Audience Network

Apa Perbedaan Facebook Audience Network dan Google Adsense?

Meskipun kedua fitur itu memiliki layanan yang sama, namun tetap memiliki beberapa perbedaan yang di antaranya adalah:

  • Facebook Audience Network fokusnya adalah kepada traffic mobile, artinya iklan yang mereka tawarkan hanya muncul pada platform mobile. Sedangkan Googla Adsense menjangkau pengunjung melalui Desktop dan Mobile.
  • Facebook Audience Network hanya dapat Anda gunakan melalui website yang telah terintegrasi dengan Facebook Instan Article. Sementara untuk Google Adsense dapat tampil di seluruh platform.

 Kunjungi dan daftar ke Campusdigital


Hubungi Kami