Elok Fajar Mardiana

Kontributor

2 tahun yang lalu


#takberkategori #pembelajaranjarakjauh #mediabelajarmenarik

Pilihan Media Pembelajaran Jarak Jauh Yang Menarik

2 tahun yang lalu - By Elok Fajar Mardiana

Saat ini pembelajaran jarak jauh sudah menjadi trend pada kalangan guru dan peserta didik. Selain sebagai peningkatan kompetensi guru dalam menguasai teknologi, pembelajaran jarak jauh ini juga dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Pembelajaran Jarak Jauh merupakan pembelajaran yang menggunakan suatu media dan memungkinkan terjadi interaksi antara pengajar dan siswanya. Baik pengajar maupun siswa tidak perlu khawatir mencari media pembelajaran karena sudah tersedia berbagai pilihan mulai dari gratis hingga berbayar.

Pembelajaran jarak jauh rupanya kini semakin menarik minat kaum millennial. Tidak bisa dipungkiri bahwa pembelajaran jarak jauh memang mempunyai keunggulan daripada pembelajaran pada umumnya. Salah satu dari keunggulan tersebut yaitu segi fleksibelitas sehingga kita dapat mengaksesnya dimana saja dan kapan saja. Keunggulan lainnya berada pada pemanfaatan teknologi dalam media pembelajaran yang membuat konten pembelajaran menjadi lebih menarik dan tidak membosankan.

Berbicara mengenai media pembelajaran jarak jauh, saat ini banyak pilihan yang bisa kita manfaatkan. Berbagai media pembelajaran menyediakan fitur yang berbeda antara satu dan lainnya. Namun media pembelajaran jarak jauh yang populer saat ini yaitu seperti Zoom, GoogleMeet, Edmodo dan Google Classroom. Namun, jika anda ingin menggunakan media pembelajaran lainnya yang lebih variatif dan menarik tidak perlu kawatir karena ada banyak pilihannya. Berikut pembahasannya.

Pilihan Media Pembelajaran Yang Menarik

1. Kahoot

Platform ini merupakan media pembelajaran berbasis permainan interaktif yang menggunakan teknologi pendidikan. Kahoots ini berisi mengenai, kuis pilihan ganda, survey pendapat dan opini publik peserta didik atau anggota institusi secara online melalui web browser. Selain itu pada kita juga bisa memilih jenis pertanyaan, memasukkan soal, dan mengatur waktunya.

2. Quizlet

Quizlet merupakan media pembelajaran dengan situs web gratis yang dapat digunakan sebagai alat pembelajaran bagi siswa. Selain itu media pembelajaran ini juga memuat latihan dalam bentuk flashcard dan pertanyaan interaktif yang cara penyajiannya mnggunakan game-based learning mode. Sedangkan materi yang pada media ini adalah buatan para guru.

3. Quiziz

Quiziz merupakan media pembelajaran berbasis e-learning yang bermanfaat dalam melakukan evaluasi pembelajaran maupun memberikan tambahan pada peserta didik menggunakan kuis oleh guru. Dalam media belajar ini kita dapat memberikan data dan statistik tentang hasil kinerja siswa secara langsung.

Nah sudah tahu kan beberapa pilihan media pembelajaran jarak jauh. sekarang anda bisa mulai mencoba media pembelajaran tadi dalam proses belajar mengajar agar lebih menarik dan tidak membosankan. Yok kunjungi dan daftar di Campus Digital

Hubungi Kami