Syifa Dhia Arina

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #wabsite

Podcast dan Manfaatnya untuk Bisnis Kamu

2 tahun yang lalu - By Syifa Dhia Arina

Podcast dan Manfaatnya untuk Bisnis Kamu

Podcast dan Manfaatnya untuk Bisnis Kamu – Podcast menjadi salah satu sarana hiburan favorit bagi berbagai kalangan saat ini. Namun, digital marketer menemukan manfaat podcast dalam dunia bisnis. Tidak hanya sebagai sarana hiburan, ternyata podcast memiliki segudang manfaat untuk kemajuan bisnis kamu. Di artikel ini, Campus Digital akan membahas apa itu podcast dan apa saja manfaatnya dalam bisnis yang wajib kamu ketahui. Yuk, atur posisi ternyaman kamu dan simak artikelnya!

Apa Itu Podcast?

Podcast merupakan rekaman audio yang berisi tentang suatu topik spesifik dan dapat didengarkan oleh siapa saja dan kapan saja. Rekaman audio ini nantinya akan tersedia di platform yang berbasis online seperti internet. Podcast menjadi semakin populer karena kemudahan yang audiensnya rasakan, audiens dapat mendengarkan podcast secara live, menyimpan podcast dengan cara download atau melakukan subscribe pada channel podcast tertentu.

Manfaat Podcast untuk Bisnis

Selain sebagai sarana hiburan, ternyata podcast memiliki beragam manfaat dalam bidang bisnis. Ada beberapa manfaat podcast untuk bisnis yang wajib kamu ketahui sebagai digital marketer masa kini.

1.     Membantu Membangun Branding Bisnis Kamu

Membuat konten podcast dengan topik yang sesuai dengan niche bisnis terkait dapat membantu membangun branding bisnis kamu. Berusahalah untuk membuat audiens terkesan dan tetap konsisten mengunggah podcast yang bersifat edukasi sambil mempromosikan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Kamu akan mendapatkan pendengar setia yang nantinya berpotensi menjadi calon konsumen bahkan pelanggan setia brand kamu.

2.     Pesan Dapat Tersampaikan Secara Efektif

Podcast dapat menyampaikan pesan promosi secara efektif. Hal ini terjadi karena audiens mendengarkan langsung bagaimana podcaster berbicara beserta dengan intonasi yang podcaster bawakan. Dengan begitu, audiens tentunya akan lebih mudah paham maksud dari pesan yang mereka dengar jika kita bandingkan hanya dengan membaca teks saja. Kamu juga dapat membangun koneksi emosional dengan audiens sesuai dengan niche bisnis atau brand milikmu.

3.     Bersifat Flexible Sehingga Mudah Diterima Pendengarnya

Rekaman audio ini menjadi pilihan bagi audiens yang sibuk. Mereka dapat mendengarkan podcast kapan saja, di mana saja dan saat sedang menjalankan aktivitas apa pun. Audiens dapat mendengarkan podcast dengan topik yang berkualitas tanpa harus memperhatikan layar saat berolahraga, berkendara, bersantai dan lainnya.

Baca juga Konten Digital Marketing : Jenis Beserta Manfaatnya

4.     Media untuk Mempromosikan Bisnis Kamu

Podcast menjadi pilihan media beriklan secara cerdas bagi pebisnis untuk mempromosikan produk atau jasa mereka. Kamu dapat membuat podcast, membahas berbagai topik yang bersinggungan dengan bisnis milikmu. Mengedukasi audiens melalui informasi penting yang kamu sampaikan sambil menyisipkan peranan produk atau jasamu. Pasti ada dari mereka yang tertarik dan akan mengeksplor brand kamu beserta produk dan jasa yang ditawarkan lebih dalam lagi.

5.     Menambah Pemasukan

Selain mendapat pendengar setia yang akan berpotensi menjadi konsumen, kamu juga akan mendapatkan pemasukan tambahan. Kamu dapat menambah pemasukan melalui podcast dengan cara mengadakan webinar atau live streaming yang berbayar, berkolaborasi dengan pihak tertentu (host-read ads), Google AdSense untuk podcast yang diunggah ke website, dan masih banyak lagi.

Apakah kamu tertarik membuat podcast untuk bisnismu setelah membaca artikel di atas? Buat kamu yang tertarik mempelajari podcast untuk bisnis dan strategi digital marketing lainnya dapat mengikuti kursus digital marketing online. Yuk, klik di sini untuk bergabung dengan Campus Digital!

Hubungi Kami