Syifa Dhia Arina

Kontributor

2 tahun yang lalu


#campusdigital # contentcreator # digitalmarketing # kursusdigitalmartketing # kursusonline # pemasarandigital

Profesi Content Creator dalam Bisnis

2 tahun yang lalu - By Syifa Dhia Arina

Mengunggah berbagai konten audio, visual maupun audio visual di platform media sosial seperti TikTok, Youtube, Instagram dan lainnya merupakan pekerjaan seseorang dengan profesi content creator. Loh, bukannya hampir semua orang melakukan hal tersebut setiap hari? Ya, memang benar semua orang melakukan hal itu. Tetapi, bukan berarti semua orang bekerja sebagai content creator.

Sederhananya, content creator adalah seseorang yang menciptakan suatu konten yang akan mereka sebarkan melalui berbagai platform media sosial yang ada seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, TikTok dan lainnya. Ya, mungkin dalam kehidupan sehari-hari seperti itu lah definisi dari content creator.

Namun, seorang content creator punya peran yang sangat penting dan besar dalam dunia digital marketing. Content creator juga menjadi penggerak dari content marketing. Nah, di tulisan kali ini kita akan mengenal bagaimana profesi content creator dalam dunia marketing serta bisnis. Jangan lupa simak artikel ini dengan baik ya!

Apa itu Content Creator?

State of Digital Publishing mengatakan bahwa content creator adalah seseorang yang punya tanggung jawab atas berbagai informasi yang tersebar di media khususnya media digital. Seorang content creator biasanya memiliki target audiens mereka masing-masing.

Sedangkan HubSpot berpendapat bahwa seorang content creator merupakan pembuat konten yang didalamnya terdapat baik nilai edukasi maupun hiburan. Mereka akan menyesuaikan konten yang akan diproduksi agar sesuai dengan target audiensnya.

Seorang content creator biasanya menyebarkan konten mereka tidak hanya ke satu platform media sosial saja, tetapi ke beberapa media sosial yang mereka miliki. Content creator harus memiliki kreativitas yang tinggi untuk menarik minat audiensnya. Proses pembuatan konten yang mereka lakukan lebih dari sekedar mengandalkan kreativitas tetapi juga mengandalkan logika untuk dapat menarik perhatian audiens. Proses ini tentunya melibatkan otak kanan dan juga otak kiri dari seorang content creator.

Baca juga pentingnya SEO untuk toko online

Kaitannya dengan Promosi Bisnis

Dalam dunia bisnis khususnya digital marketing, content creator adalah sosok yang sangat penting bagi perusahaan untuk mempromosikan berbagai produk miliknya. Perusahaan-perusahaan ini mengharapkan berbagai konten yang tercipta dari seorang content creator tersebut dapat menjadi kunci dari kegiatan marketing yang mereka lakukan. Mereka berharap content creator mampu menyusun strategi yang apik serta konten yang menarik agar kegiatan marketing si perusahaan menjadi viral.

Harapan perusahaan kepada profesi ini membuat seorang content creator harus bisa menghasilkan konten yang baik, memiliki kemampuan komunikasi yang baik serta memahami teknik SEO dengan baik agar kegiatan digital marketing mereka sukses. Jika kamu tertarik dan ingin menjadi content creator suatu perusahaan, ada baiknya kamu mempelajari basic digital marketing, teknik SEO dan lainnya. Tertarik menjadi content creator perusahaan yang handal? Yuk, ikuti kursus online digital marketing di Campus Digital!

Hubungi Kami