Theofani Lidya

Kontributor

1 tahun yang lalu


# marketplace #wabsite

Program Sertifikasi Kompetensi Digital Marketing

1 tahun yang lalu - By Theofani Lidya

Perkembangan teknologi digital yang semakin maju mengakibatkan berbagai perubahan di segala aspek, termasuk dalam bidang pemasaran. Saat ini, digital marketing mulai menjadi sarana yang sering digunakan. Digital marketing adalah segala bentuk pemasaran yang menggunakan peralatan elektronik, seperti ponsel, komputer, atau tablet. Output dari digital marketing dapat berupa video pemasaran, iklan display, serta postingan di media sosial. Saat ini, profesi digital marketer menjadi primadona bagi banyak orang. Banyaknya permintaan kemudian memunculkan lembaga-lembaga yang menawarkan fasilitas pelatihan dan program sertifikasi kompetensi digital marketing.

Jenis-Jenis Kompetensi Digital Marketing

Digital marketing terdiri dari banyak cabang yang berbeda. Setiap cabang memiliki tools dan strategi berbeda untuk mengoptimasi hasil. Karena itu, seorang digital marketer biasanya hanya menguasai beberapa channel saja. Melansir dari Mail Chimp, berikut merupakan beberapa contoh jenis spesialisasi dalam bidang digital marketing.

1. Search Engine Optimization (SEO)

Mengutip dari The Balance, SEO merupakan alat digital marketing yang berusaha membuat halaman web menarik bagi mesin pencari. Tujuan SEO yaitu membuat halaman suatu website mendapatkan peringkat atas dalam pencarian suatu kata kunci. Menurut situs Mail Chimp, saat ini terdapat beberapa aspek penting dalam optimasi suatu halaman web, yaitu kualitas konten, tingkat user engagement, mobile-friendliness, serta jumlah dan kualitas tautan internal.

Baca juga: Social Media Specialist

2. Social Media Marketing

Spesialisasi ini menggunakan media sosial sebagai platform utama untuk mendatangkan traffic dan brand awareness. Digital marketer dapat mengetahui seberapa banyak suatu konten mendapatkan engagement dari pengguna media sosial melalui build-in engagement metric. Jenis interaksi yang ingin didapat dari pengguna media sosial dapat berupa jumlah like, share, comment, atau pengunjung website.

Baca juga: Digital Marketing

3. Pay-Per-Click

Pay-per-click merupakan channel digital marketing di mana suatu perusahaan menampilkan iklan, kemudian membayar untuk setiap klik terhadap iklan mereka. Iklan tersebut akan muncul di Search Engine Result Page (SERP) atau hasil pencarian. Namun, algoritma mesin pencari tetap memprioritaskan iklan yang berkualitas, sesuai dengan kata kunci, memiliki landing page berkualitas, serta jumlah permintaan (bid amount).

4. Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan spesialisasi digital marketing, di mana perusahaan memberikan komisi kepada seseorang yang menghasilkan penjualan produk perusahaan tersebut. Biasanya, para influencer di media sosial, seperti Instagram mendapatkan komisi jika terdapat pengguna media sosial yang membeli suatu produk melalui tautan mereka.

5. Email marketing

Digital marketer yang menggunakan email sebagai alat marketing mengirimkan email kepada konsumen, dengan harapan bahwa konsumen ataupun prospek mengeklik link pada email tersebut. Perusahaan dapat meningkatkan peluang konsumen mengeklik link tersebut dengan memperhatikan hal berikut.

a. Melakukan individualisasi konten, baik subjek atau tubuh email

b. Menyatakan secara jelas mengenai isi email

c. Menawarkan pilihan berhenti langganan terhadap email

d. Menggabungkan email promosi dan transaksional

Spesialisasi Lain dalam Digital Marketing

Selain lima spesialisasi di atas, terdapat berbagai macam subbidang lain dalam digital marketing, seperti copywriting, ad display, marketing automation (automatisasi marketing menggunakan software khusus), video marketing. Setiap digital marketer dapat memilih spesialisasi yang akan menjadi fokus pekerjaannya. Selain belajar secara autodidak, calon digital marketer juga biasanya mengikuti sertifikasi kompetensi digital marketing untuk meningkatkan kompetensi terkait digital marketing.

Pelatihan Digital Marketing Campus Digital

Sebelum melaksanakan sertifikasi, biasanya para calon peserta mengikuti pelatihan bidang tertentu. Terkait dengan pelatihan digital marketing dan teknologi digital, Campus Digital menawarkan pendidikan dan pelatihan mengenai digital marketing. Peserta akan mendapatkan materi berkualitas mengenai SEO, Google Analytics, social media marketing, serta materi lainnya. Tunggu apa lagi? Kunjungi situs resmi Campus Digital dan daftarkan dirimu sekarang, yuk!

Hubungi Kami