krisna suzana

Kontributor

2 tahun yang lalu


#takberkategori

Promosi di TikTok atau Instagram

2 tahun yang lalu - By krisna suzana

Media sosial memang tidak akan habisnya kalua kita membicarakannya. Karena pengguna gadget dan internet dari masa ke masa semakin bertambah. Tentu saja berdampak positif bagi orang-orang yang suka berbisnis karena semakin banyak pengguna sosial media maka semakin berpeluang untuk melakukan promosi bisnis. Seperti halnya TikTok dan Instagram yang merupakan platform sosial media terbesar serta memiliki pengguna aktifnya yang sangat tinggi, sehingga persaingan bagi pebisnis semakin tinggi juga.

Bingung bisnis di TikTok atau Instagram? Berikut penjelasannya![/caption]

Media sosial berpengaruh besar terhadap proses merintis bisnis apapun karena banyaknya pengguna. Tentu saja dalam promosi bisnis di sosial media kita tidak akan lepas dari konten, sehingga kualitas konten semakin baik maka semakin baik juga perjalanan bisnis. Namun dengan sekian banyaknya media sosial, para pebisnis masih pada bingung mau milih yang mana. Apakah milih TikTok? Atau Instagram?. Ini dia yang lebih cocok buat promosi bisnis kamu.

Promosi Bisnis di TikTok vs di Instagram

Apabila kita melihat balik dari waktu perilisan kedua sosial media ini, tentu saja Instagram lebih lama daripada TikTok dan memiliki keunggulannya masing-masing. Namun dari segi perkembangannya, TikTok juaranya karena dalam beberapa tahun saja TikTok sudah bisa menjadi aplikasi terbesar dengan penggunanya kurang lebih 1 milyar. Promosi bagi para pebisnis enaknya di TikTok atau di Instagram? Mana yang lebih efektif? Ini dia jawabannya!

Bagi para pebisnis, berikut merupakan poin perbandingan utama dalam proses promosi :

Perbandingan Konten

Konten Instagram memang dari dulu focus pada upload foto dengan jumlah like, comment dan share serta upload video berdurasi pendek. Namun, sekarang ini Instagram sudah menambahkan fitur baru seperti Insta Story, IG TV, Live, dan Reels dengan menambahkan beberapa filter serta music. Sedangkan TikTok, dari awal launching itu memang focus kepada upload video music berdurasi pendek (15 detik sampai 3 menit), kemudian ada fitur Live juga. Uniknya TikTok ini, kita bisa mengedit langsung video kita di TikTok seperti menambahkan efek, filter, teks, emoji, dan sebagainya. Namun di TikTok kita tidak bisa upload foto seperti Instagram. Sehingga, untuk kebutuhan promosi konten video lebih menarik perhatian daripada foto.

Tingkat Interaksi

Dari kedua sosial media tersebut, memang sama-sama memiliki interaksi yang tinggi namun secara datanya TikTok yang paling cepat meningkat. Pengguna TikTok lebih banyak pemuda/I dan remaja, sebagian besarnya. Berbeda dengan Instagram, dimana menarik perhatian orang-orang dewasa untuk menarik perhatian promosi bisnis. Sehingga kedua sosial media ini memiliki keunggulannya masing-masing.

Pemakaian #hashtag

Menggunakan hashtag dalam mempromosikan bisnis dalam bentuk konten baik di Intagram maupun TikTok itu sangat penting. Alasannya agar orang mudah untuk melakukan pencarian konten yang terkait dengan topik mereka. Tentu saja untuk promosi bisnis ini sangat penting, tambahkan beberapa hashtag relevan dengan konten. Baik Instagram maupun TikTok, apabila kita menambahkan beberapa hashtag maka akan meningkatkan angagement akun bisnis.

Fitur

Fitur iklan terdapat di TikTok dan Instagram. Tidak ada perbedaan yang signifikan kecuali dari segi konten. Di intagram sendiri, pengguna akan bebas menggunakan gambar atau video serta poin pentingnya yaitu memberikan target pasar. Tentunya untuk kedua sosial media ini sama mudahnya untuk menggunakan fitur iklan

Itulah beberapa perbedaan antara Instagram dan TikTok dalam melakukan sebuah promosi. Sebelum kamu memulai promosi di TikTok atau Instagram maka kamu harus banyak belajar dulu tentang algoritma kedua sosial media tersebut serta belajar membuat konten yang berkualitas. Selamat mencoba!

Untuk informasi selanjutnya, cek website Campus Digital.


Hubungi Kami