krisna suzana

Kontributor

2 tahun yang lalu


#Tik tok #promosi

Promosi Lewat TikTok, Dijamin Untung!

2 tahun yang lalu - By krisna suzana

Media sosial menjadi salah satu platform untuk promosi bisnis online yang kita miliki dan merupakan strategi digital marketing yang baik sekarang ini. Seperti menggunakan Facebook Ads, posting di Instagram, membuat cuitan di Twitter, dan sebagainya. Satu lagi media sosial yang tidak kalah menariknya yaitu TikTok yang banyak digandrungi oleh generasi muda sekarang ini. Ditinjau dari kepopularitasannya, TikTok memang tidak diragukan lagi sebagai media promosi bisnis kita. Bagaimana sih cara promosi di TikTok? berikut informasinya!.

[caption id="attachment_4550" align="alignnone" width="355"] Permisi, TikTok mau lewat. Yang lain minggir dulu ya...[/caption]

TikTok sendiri merupakan aplikasi berbasis video musik singkat dengan durasi 15-60 detik, pengguna bisa langsung merekam video kemudian menambahkan beberapa fitur seperti menambahkan musik, suara, efek, filter, tulisan, dan sebagainya.

Keuntungan promosi di TikTok salah satunya yaitu mudahnya konten viral dalam waktu yang singkat. Berdasarkan informasi, engagement di TikTok lebih tinggi dari Youtube dan Instagram. Engagement rate micro-influencer di TikTok dalam satu kali unggahan bisa mencapai 17,96%, sedangkan untuk macro-influencer sebesar 4,96%. Dengan tingginya engagement ini membuat perusahaan menjadi mudah untuk membangun komunikasi dan kepercayaan antara perushaan dengan konsumen. Sehingga UGC atau User-Generated Content  lebih terkesan asli dan bukan hanya endorse.

Cara promosi di TikTok:

1. Membuat Akun Bisnis

Penting sekali membuat akun bisnis untuk promosi, setelah mengunduh aplikasi kemudia mendaftar dengan mengisi semua informasi setelah itu mengalihkan akun ke akun bisnis. Kamu bisa mengakses di "Kelola Akun Saya", memakai foto yang menarik, menulis deskripsi di bio mengenai bisnis kamu dan cantumkan link website.

2. Mengenali TikTok Lebih Dalam

TikTok memiliki style berbeda dengan Instagram dan Facebook, karena banyak sekali penggunanya dari kalangan anak muda. Maka harus memahami dengan benar bagaimana cara kerjanya dan jenis konten yang sekiranya memiliki banyak peminat. Ingat, TikTok identik dengan konten yang kreatif dan bersemangat sehingga TikTok menjadi media yang baik.

3. Fokus Pada Kualitas Video Konten

Agar konten viral, tentunya diperhatikan kualitas tiap video. Tidak usah memikirkan kuantitas konten. Maka membuat konten yang menarik dan memiliki value yang tinggi. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menganalisa apa saja yang sedang trend saat ini.

4. Memanfaatkan Tools Yang Ada

TikTok memiliki keunikan lain untuk bisnis kamu yang masih memiliki jumlah followers sedikit. Caranya dengan menggunakan tools TikTok yang tersedia seperti menggunakan filter, effect, dan sound yang sedang trend saat ini. Karena strategi sangat efektif untuk menambah review dan likes video konten kamu sehingga dapat mendatangkan followers baru dan engagement rate menjadi naik.

5. Menggunakan Fitur Stitch

Fitur Stitch digunakan untuk menanggapi video atau konten orang lain atau menyambung adegan di konten. Sehingga terkesan adanya interaksi antara kita dengan pengguna TikTok lain.

6. Melakukan Kolaborasi Bersama Influencer

Strategi ini terkesan agak berlebihan, namun siapa sangka hasil yang didapat di luar dugaan. Mengguakan cara ini, mengharuskan kamu untuk menyisihkan sebagian keuangan kamu untuk berkolaborasi bersama influencer. Namun, kita tidak bisa asal-asalan memilih influencer untuk berkolaborasi. Pelajari terlebih dahulu audiensnya beserta tipe konten nya seperti apa.

Itulah beberapa cara promosi di TikTok, sangat mudah dan menarik untuk mencobanya. Apakah kamu tertarik? jangan lupa untuk mencobanya ya. Untuk informasi lainnya, jangan lupa mampir ke Campus Digital.

 

Hubungi Kami