Alizha Alkhanza

Kontributor

2 tahun yang lalu


#tips&trik #targetpasar

Rahasia Menentukan Target Pasar Sebelum Merisetnya!

2 tahun yang lalu - By Alizha Alkhanza

Dalam bisnis online, lebih spesifiknya pada Facebook, untuk menentukan sebuah target pasar merupakan hal yang wajib untuk para pebisnis lakukan. Karena, dari banyaknya penjualan tergantung pada seberapa besar Anda menjaring target pasar yang telah Anda tentukan. Ingin tahu bagaimana cara menentukan target pasar di Facebook sebelum Anda merisetnya? Nah, pada artikel ini, kami akan membahas secara tuntas mengenai cara-caranya untuk Anda.

Penjelasan Singkat Mengenai Target Pasar

Sedikit akan kami jelaskan mengenai apa itu target pasar? Supaya Anda lebih mudah untuk mengenali mereka. Secara sederhananya, target pasar merupakan orang-orang yang akan menjadi target pemasaran kita.

Banyak dari pebisnis yang telah mempercayai, bahwa 80% keberhasilan bisnis online terjadi karena faktor ini. Tentang seberapa mampu Anda dalam menentukan target pasar. Maka alhasil, itu juga yang akan menentukan kesuksesan bisnis.

Target pasar harus Anda tentukan secara spesifik, karena semakin spesifik targetnya, maka akan semakin baik. Namun, jika semakin luas target pasar Anda, maka Anda sedang tidak berjualan.

Cara Menentukan Target Pasar

Pada pembahasan ini, kami akan mencoba untuk menjelaskan secara lebih detil mengenai cara menentukannya. Mari simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Menentukan Konsumen

Dalam menentukan konsumen, langkah awalnya adalah untuk menentukan target pasar. Apabila Anda sudah tahu siapa konsumennya, maka dapat secara mudah untuk menargetkan pasarnya. Penentuan konsumen bisa Anda lihat melalui beberapa aspek berikut:

  • Harga
  • Geografi
  • Demografi
2. Siapa yang Akan Menggunakan dan Membeli Produk Anda?

Apa yang sedang Anda jual saat ini? Apakah sebuah barang atau layanan jasa? Nah, untuk mencari tahu tentang customer potential, pahami yang dapat Anda selesaikan oleh produk ataupun layanan Anda. Selanjutnya, pikirkan apakah akan ada orang yang ingin membayar untuk itu. Namun, apabila ada yang ingin membayar produk atau layanan Anda, ketahui siapa mereka.

3. Mengamati Kompetitor

Terkadang kompetitor dapat membantu tentang permasalahan Anda. Mereka dapat Anda manfaatkan untuk menentukan target pasar. Anda bisa mengamati kompetitor Anda yang lebih terdahulu memulai suatu usaha. Amati mereka, bagaimana kompetitor Anda melakukan pemasaran.

4. Melakukan Uji Coba Pemasaran

Target pasar juga dapat Anda temukan melalui cara uji coba. Sebelum Anda meluncurkan bisnis secara resmi, lakukan uji coba pemasaran terlebih dahulu dan tawarkan produk Anda kepada pelanggan.

Dari sini, Anda dapat melihat siapa saja yang mulai tertarik pada produk atau layanan Anda. Anda pun juga bisa membuka serta mengevaluasi target pasar beserta dengan harga jualnya.

Menentukan target pasar merupakan suatu modal Anda ketika ingin berbisnis online, salah satunya di Facebook. Semakin terarah pemasaran Anda secara terstruktur dan jelas, maka potensi penjualan akan semakin tinggi. Hal itu, tentunya dapat meningkatkan profit untuk Anda, karena promosi dan pemasaran yang telah Anda lakukan tidak sia-sia.

bisa lihat juga di website Campusdigital

Hubungi Kami