Ersa Ely Megawati

Publisher

1 minggu yang lalu


Rekomendasi Hosting Gratis Terbaik

1 minggu yang lalu - By Ersa Ely Megawati

Bagi Anda yang baru belajar web, sering muncul pertanyaan bagaimana web kita dapat di akses oleh orang lain? Supaya web dapat di akses oleh orang lain, Anda membutuhkan yang namanya domain dan hosting. Lantas, apakah bisa memperoleh domain dan hosting secara gratis?

Terdapat beberapa platform yang menyediakan hosting gratis. Tetapi, ada banyak kekurangan menggunakan web hosting gratis. Sehingga tidak merekomendasikannya untuk jangka panjang. Namun bila Anda hanya ingin mencoba hosting sebagai tempat untuk belajar, tidak ada salahnya menggunakan layanan gratis.

Web hosting merupakan sebuah perangkat komputer yang terhubung dengan layanan internet dan berfungsi untuk menyimpan data-data website. Supaya nantinya dapat di akses oleh siapa saja secara online.

Ketika Anda mendaftar dan membeli di suatu layanan penyedia server hosting, pada dasarnya Anda meminjam ruang atau alokasi ruang penyimpanan pada server tertentu. Pada ruang tersebut Anda menyimpan semua file dan resource data yang situs web butuhkan, supaya berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Pengertian dan Kelebihan WordPress Hosting

5 Rekomendasi Web Hosting Gratis Terbaik

1. PHP.id

Layanan web hosting gratis berasal dari Indonesia. PHP.id menghadirkan layanan hosting gratis untuk bisa di manfaatkan bagi semua kalangan di Indonesia, baik dari pelajar, mahasiswa, pebisnis dan lapisan masyarakat lainnya.

PHP.id memberikan spesifikasi pada layanan gratis sebagai berikut:

  • Hosting: Gratis selamanya
  • Storage: 300MB Disk Space
  • Bandwidth: 1GB 
  • Advertisements: None
  • Domains: 1 subdomains, 0 addon domains,
  • Email Accounts: 1 email accounts
  • Upload Methods: FTP
  • Scripting Support: PHP
  • Database Support: MySQL
  • Control Panel: cPanel

2. Infinity Free

Infinity Free adalah penyedia layanan Web hosting gratis maupun berbayar. Beberapa fitur yang tersedia seperti, Bandwidth tidak memiliki batasan, sepenuhnya gratis, jarang sekali down server nya. Layanan ini juga menyediakan lebih dari 400 database MySQL, keamanan sertifikat SSL gratis, subdomain gratis dengan berbagai ekstensi dan PHP7.3+ untuk kinerja pemuatan yang lancar.

Anda juga dapat custom atau menambahkan domain bebayar. Namun masih terdapat kekurangan yang beberapa penggua rasakan, adalah permasalahan dengan TOS yang ambigu pada beberapa kasus bisa terjadinya suspend sepihak oleh pihak infinityfree.net.                 

3. Github

Github Pages adalah layanan hosting website gratis untuk projek website. Seluruh file website akan di hosting di GitHub, artinya untuk dapat melakukan perubahan Anda dapat melakukannya dari desktop melalui perintah atau command git atau melalui github.

Layanan ini hanya bisa di gunakan untuk website yang bersifat statis. Website statis merupakan website yang bersifat satu arah, yaitu menginformasikan sesuatu ke pengunjung, tidak punya fitur untuk menerima feedback dari pengunjung website kecuali dengan memakai layanan dari pihak ketiga. 

4. Free Hosting

Selanjutnya Free Hosting, salah satu penyedia layanan web hosting gratis terbaik yang cukup populer di kalangan progammer.

Anda dapat memanfaatkan beberapa fitur yang Free Hosting sediakan diantaranya:

  • Storage: 10 GB,
  • Bandwidth: unlimited,
  • Installer script: otomatis untuk menghemat waktu instalasi CMS seperti Joomla dan WordPress
  • Web builder: gratis,
  • Email Accounts: 1 email akun

Anda perlu mengingat bahwa pada saat menggunakan Free Hosting sebagai layanan hosting website Anda, Hindari pelanggaran kebijakannya, karena mereka sering menghapus website tanpa peringatan. Web yang telah Anda bangun dengan keras, bisa hilang begitu saja bila Anda dengan sengaja melanggar kebijakanya.

Kekurangan dari layanan ini adalah tidak tersedia nya domain gratis dan koneksi server yang kurang.

5. 000 Webhost

Penyedia layanan hosting selanjutnya adalah 000 Webhost. Mungkin bagi web developer atau web programmer di indonesia, sudah tidak asing dengan penyedia layanan satu ini.

Kelebihan dari 000 Webhost yaitu web hosting gratis dengan PHP, cPanel, MySQL, gratis domain dan tanpa iklan. 000 Webhost menggunakan bahasa indonesia yang memudahkan saat pendaftaran. Anda juga bisa mengupgrade ke paket web hosting berbayar di Hostinger.

Kekurangan dari web hosting ini yaitu akses koneksi internet bandwidth yang lambat, sehingga mengakibatkan juga pada loading kecepatan website.

Demikian rekomendasi 5 web hosting gratis terbaik, semoga dapat membantu Anda untuk mengembangkan website. Bila Anda ingin belajar lebih dalam terkait web development atau web design, Yuk gabung bersama kami di Campus Digital.

Hubungi Kami