Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Dosen

3 tahun yang lalu


Resesi Mengancam, Apa yang harus kita lakukan ?

3 tahun yang lalu - By Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Pandemi Covid-19 yang telah dimulai sejak kasus pertamanya di akhir tahun 2019 telah memberikan dampak bagi ekonomi dunia. hampir semua negara di dunia merasakan bagaimana ekonomi terasa lesu dan dengan bekerja keras mendorong agar ekonomi tetap hidup. Tak ubahnya dengan yang terjadi di Indonesia, sudah lebih dari 6 bulan melawan virus dengan berbagai program pengendalian yang dilakukan. Namun, ternyata hingga saat ini belum ada tanda-tanda bahwa virus ini akan pergi meninggalkan Indonesia.

UMKM dan pegiat bisnis tanah air pun sangat merasakan dampak yang sangat berat terhadap usaha yang dilakukan. Bisnis terasa sangat hambar dan tidak bergairah, daya beli masyarkat yang terasa sangat rendah akibat sepinya orderan bisnis hingga pemutusan hubungan kerja. Program-program pemerintah dalam penanganan pengendalian covid-19 dengan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) juga kerap dinilai menjadi salah satu faktor menurunnya gairah bisnis UMKM.

Tercatat pada Kuartal 2 Tahun 2020 pertumbuhan ekonomi menunjukkan minus 5,32%, terburuk sejak tahun 1999. Beberapa pakar juga mengatakan bahwa krisis ekonomi yang tengah dilanda dunia akan jauh lebih parah daripada krisis pada tahun 1998 dan 2008. Pemerintah Indonesia pun harus segera menentukan langkah terbaik untuk penanganan krisis ekonomi ini agar dapat terhindar dari ancaman resesi yang telah dialami beberapa negara di dunia.

Tentu hal ini tidak bisa dianggap remeh. Tentu kita pun tidak boleh hanya berdiam diri dan hanya menunggu pemerintah. Untuk dapat tetap bertahan dalam ancaman resesi ini kita harus mampu berfikir kreatif dan membuka peluang yang mungkin tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Penyesuaian bisnis ini mutlak untuk dilakukan untuk dapat menjawab tantangan dan perubahan perilaku konsumen yang tentu berubah sejak pandemi melanda.

Penerapan kebijakan seperti PSBB dan Social Distancing sedikit banyak merubah perilaku manusia dalam hidup. Himbauan untuk tetap dirumah saja membuat masyarakat enggan untuk melakukan aktivitas diluar rumah. Perubahan seperti ini seharusnya dapat dibaca oleh para pegiat bisnis untuk dapat mengambil peluang yang sangat menjanjikan. Bisnis online menjadi suatu hal yang sangat menarik untuk dapat dikembangkan dan dikelola oleh para pegiat bisnis. Pebisnis- pebisnis yang sebelumnya belum pernah terfikirkan untuk menjalankan bisnisnya di platform online, harus mulai berani memasarkan produknya secara online.

Bisnis online saya kira akan dapat menjawab kepentingan dan kebutuhan masyarakat untuk tetap konsumtif walau hanya dirumah saja. Ketakutan terinfeksi virus tentu dapat dikurangi karena dengan bisnis online seseorang tidak harus keluar rumah untuk dapat memenuhi kebutuhannya. Dari sisi pebisnis, ini pun akan menjadi solusi di tengah kesulitan berbisnis secara konvensional, daripada tidak melakukan apa-apa, tentunya menekuni dan bertransformasi dalam bisnis online akan sangat bagus untuk perkembangan selanjutnya.

Dengan kesadaran berbisnis online ini pun, diharapkan berbagai tantangan dan kesulitan bisnis dapat teratasi sehingga Ekonomi Indonesia dapat hidup dan terhindar dari jurang resesi. .

Untuk informasi lainnya kunjungi Campus Digital

Hubungi Kami