Desty Purnama

Kontributor

2 tahun yang lalu


#marketplace

Riset Produk Di Pasaran dengan mudah dan gratis

2 tahun yang lalu - By Desty Purnama

Riset Produk Mudah Dan Gratis

[caption id="attachment_9940" align="alignnone" width="300"] riset produk di pasaran[/caption]

Sebagai pebisnis pemula tentu saja kita ingin produk kita laku keras di pasaran. Melakukan riset produk di pasaran merupakan salah satu langkah cerdas untuk memudahkan kita dalam menentukan pembuatan produk. Dengan melakukan riset produk kita dapat mengetahui produk seperti apa yang sedang banyak menarik minat konsumen. Tidak sedikit dari pemula yang memilih untuk terjun langsung tanpa melakukan riset terlebih dahulu tentu saja hal ini bisa menyebabkan kerugian.

Masih bingung cara riset produk? Simak artikel satu ini, yuk!

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara mudah melakukan riset produk biar kamu ga boncos lagi, namun sebelum itu kita harus memahami terlabih dahulu apa sih riset produk itu? Pentingkah riset produk sebelum mulai berbisnis?

Pengertian Riset Produk Dan Peran Penting Riset Produk

Pasti salah satu dari kalian bertanya-tanya apa itu riset produk. Riset produk merupakan metode dalam mencari informasi tentang suatu produk yang mana kita tinjau dari segi harga, kualitas, tingkat persaingan di pasaran. Tujuan dari riset produk itu sendiri adalah untuk mengetahui produk yang cocok untuk kamu jual dan strategi penjualan terbaik yang dapat kamu lakukan selain itu untuk mengembangkan kualitas produk tersebut.

Melakukan riset produk merupakan salah satu peran penting dalam kemajuan sebuah bisnis. dengan melakukan riset produk kita dapat mencegah kerugian dan mampu mengatur strategi penjualan terbaik.

Cara Riset Produk Di Pasaran

Setelah mengetahui makna riset produk dan peran oenting riset produk kini saatnya kita membahas tips mudah riset produk terlari di pasaran. Simak ulasan berikut ini ya!

Google trends

Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan google trends. Google trends merupakan salah satu fitur milik google yang mampu memudahkan kamu dalam menemukan dan mendapatkan informasi terkait kata kunci dengan trafik tertinggi. Fitur ini akan menampilkan data dan grafik dari kata kunci yang kamu cantumkan selain itu tools ini juga akan menampilkan wilayah yang penggunanya paling banyak mencari kata kunci yang sama dengan milik kita. Google trends akan menampilkan data secara lengkap hingga 5 tahun sebelumnya

Marketplace

Marketplace merupakan salah satu platform yang sering dikunjungi oleh jutaan pengguna. Kamu dapat melakukan riset produk dengan mengamati pencarian popular ataupun produk terlaris pada platform ini kamu dapat melihat total produk yang telah berhasil terjual dari setiap toko selain itu kamu juga bisa melihat penilaian para konsumen dengan begitu kamu dapat menghindar dari kesalahan yang sama dan tentu saja dapat meningkatkan kualitas produkmu. Marketplace yang dapat kamu kunjungi antara lain shopee, tokopedia, lazada, bukalapak, blibli, jdid, dan sebagainya

baca juga :5 Trend E-Commerce yang Tidak Boleh Terlewatkan di Tahun 2020

Google keyword planner

Tools ini merupakan salah satu milik google dari tools ini kamu bisa mendapatkan berbagai informasi seperti ide keyword yang potensial, jumlah volume keyword, penilaian performa keyword. Tools ini juga mampu menambah referensi kata kunci yang sesuai dengan yang kamu cari

Review konsumen

Selain ketiga cara di atas kamu dapat melakukan cara ini untuk mempermudah kamu dalam riset produk. Dengan kamu mengamati review konsumen akan memberikanmu informasi kekurangan dari produk pesaingmu. Kamu bisa melihat review konsumen di marketplace ataupun website yang menyediakan.

Social media

Di zaman serba digital ini setiap orang pasti memiliki sosial media. Tidak sedikit para owner bisnis mempromosikan produk mereka melalui influencer. Hal ini tentu saja bisa menjadi salah satu caramu untuk melakukan riset produk. Kamu bisa mengamati produk seperti apa yang sering mereka promosikan. kamu juga bisa melihat respon dari para followers mereka terhadap brand atau produk tersebut.

Setelah kamu mengetahui cara apa saja yang dapat kamu lakukan untuk riset produk. Maka langkah selanjutnya kamu harus mulai mempraktikan ilmu yang telah kamu dapatkan dan mulai mengembangkan produkmu. Untuk informasi lebih lanjut bisa kunjungi Campusdigital

Hubungi Kami