Pandan Ayu

Kontributor

2 tahun yang lalu


#wabsite #seo #blog #marketplace

Search Engine: Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

2 tahun yang lalu - By Pandan Ayu

Jika mendengar istilah search engine, pasti yang pertama terpikirkan adalah Google, padahal pengertian search engine itu tidak sebatas itu saja lho. Banyak sekali perusahaan-perusahaan yang menyediakan search engine.

Agar lebih paham, yuk kita pelajari sama-sama tentang search engine.

Pengertian Search Engine

Menurut Wikipedia, search engine adalah suatu program komputer yang berfungsi untuk membantu pengguna dalam mencari berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan World Wide Web atau news group pada sejumlah jaringan komputer server.

Sederhananya, kita bisa menyimpulkan bahwa search enggine adalah tempat di mana kita bisa mencari dan menemukan informasi di dunia maya. Hasil dari halaman pencarian ini biasa kita sebut dengan Search Engine Result Page (SERP).

Macam-Macam Search Engine

Baca Juga: Trend Digital Advertising yang Patut Untuk Dicoba!

Hingga sekarang, telah tersedia beragam layanan search engine. Tiap mesin pencari pun memiliki cara kerja yang sama, yakni tinggal mengetikkan kata kunci pada bagian kolom kemudian tekan enter lalu muncullah apa yang ingin kita cari.

Meskipun begitu, hasil serta fitur yang dihasilkan bisa berbeda-beda tergantung algoritma masing-masing mesin pencari.

Berikut beberapa mesin pencari yang ada:

1. Google

Siapa sih yang tidak mengenal nama yang satu ini? Google adalah search engine terbesar saat ini. Google berhasil menjadi salah satu perusahaan terbesar yang memperoleh jutaan traffic per hari dari orang-orang yang melakukan pencarian.

Selain mesin pencari, Google juga memperluas jaringannya guna menghasilkan berbagai produk unggulan seperti layanan video streaming YouTube, Google Adwords, Google Adsense, Gmail, hingga sistem operasi Android.

2. Bing

Mesin pencari terbesar kedua setelah Google ialah Bing. Bing yang merupakan buatan Microsoft ini telah menguasai 20% dari total pencarian yang ada di Internet.

Walaupun tidak sebesar Google, dengan angka penelusuran tersebut Bing tetap membuktikan bahwa ia masih bisa bertahan meskipun minim inovasi baru untuk memikat pembeli.

3. Yandex

Mesin pencari lainnya adalah Yandex. Search engine ini menghasilkan penelusuran khusus berbahasa Rusia. Memang, bagi telinga masyarakat Indonesia, Yandex memang masih terdengar sangat asing.

Walaupun demikian, data menunjukkan bahwa jumlah trafik penelusuran Yandex cukup lumayan dan ia termasuk salah satu situs terbesar di dunia.

4. DuckDuckGo

DuckDuckGo adalah sebuah private search engine yang tidak melacak pengguna ataupun menampilkan iklan di laman pencariannya.

Kehadiran DuckDuckGo juga bisa menjadi alternatife bagi kalian yang tidak suka dengan banyaknya tampilan advertisement yang kurang relevan di hasil penelusuran.

Itu dia pengertian serta beberapa jenis search engine. Semoga artikel ini dapat membantumu, ya. Apabila kamu ingin tahu lebih dalam mengenai search engine dan seluk beluk dunia digital, coba ikuti program dari Campus Digital yuk!

 

Hubungi Kami